hut

Dukuh di Sleman Berikan Tanah Pelungguh untuk Pengurus RT/RW

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Seorang Kepala Dusun atau biasa disebut Dukuh di dusun Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman, memanfaatkan haknya berupa tanah pelungguh untuk kepentingan warganya. Tanah kas desa yang menjadi hak Kepala Dusun itu ia bagikan pada sejumlah pengurus dusun mulai dari Ketua RT, ketua RW hingga Ketua PKK.

Dukuh Karangmojo, Andy Rakhmat Santoso (paling kanan). Foto: Jatmika H Kusmargana

Andy Rakhmat Santoso (35), seorang pengusaha sukses di bidang laundry, asal dusun Karangmojo yang memiliki sejumlah pabrik pembuatan pewangi laundry (mantan loper koran) mengaku melakukan hal itu untuk memberikan tambahan penghasilan bagi perangkat dusun di lingkup terkecil.

Berita terkait: Siapa Sangka, Loper Koran ini Miliki 415 Cabang Laundry di Indonesia

Ia pun berharap adanya tambahan penghasilan ini, bisa memberikan semangat baru bagi setiap ketua RT/RW agar mengabdi dan bekerja secara maksimal untuk kepentingan warganya.

Selain membagikan tanah pelungguh untuk warganya, Andy, juga melakukan gebrakan baru dalam memimpin dusunnya melalui sejumlah kebijakan. Salah satunya adalah membuat website seputar dusun yang ia beri nama “Kabar Karangmojo”.

Selain dimanfaatkan sebagai media informasi kegiatan dan perkembangan dusun, website ini juga digunakan sebagai media pelaporkan aliran dana, baik pemasukan maupun pengeluaran di tingkat dusun. Dengan begitu diharapkan jalannya pemerintahan di tingkat dusun bisa berlangsung secara transparan.

Bekal ilmu dan pengalaman di bidang bisnis yang dimiliki Andy juga ia bagikan pada masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM di Karangmojo. Hal itu ia lakukan karena melihat potensi UMKM di Karangmojo yang belum tergarap secara maksimal.

“Kita akan latih UMKM yang ada. Termasuk kita bantu dan kita uruskan ijin usahanya. Sehingga diharapkan produksi dan penjualan para UMKM ini bisa meningkat. Yang pada akhirnya juga akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga dusun,” katanya.

Salah satu strategi yang dilakukan Dukuh Andy untuk mewujudkan rencananya tersebut adalah dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari pemerintah desa, pemerintah kecamatan, hingga pemerintah kabupaten. Baik itu Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM serta sejumlah instansi lainnya.

“Tujuan kita tak lain hanya satu. Yakni memajukan dan meningkatkan kesejahteraan warga dusun,” pungkasnya.

Lihat juga...