hut

Forsikatel Lampung Donasikan Ribuan Buku

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Upaya menumbuhkan minat baca bagi generasi muda, Forum Silaturahmi Istri Karyawan Telkom Group (Forsikatel) Regional 1 Witel Lampung, menggelar bakti sosial dengan membagikan buku. Nyoman Sulaksmi, ketua Forsikatel Regional Witel Lampung, menyebut kegiatan bakti sosial dengan donasi buku digelar untuk menumbuhkan minat baca.

Menurut Nyoman Sulaksmi, bakti sosial donasi buku berawal dari keprihatinan rendahnya literasi di Indonesia. Kondisi tersebut berawal dari terbatasnya akses buku, terutama di kawasan pelosok negeri. Sebagai bukti kepedulian Forsikatel bakti sosial donasi buku digelar sejak tahun lalu.

Berdasarkan data, Forsikatel telah mengumpulkan 30.000 buku. Jumlah tersebut melebihi target yang akan dikumpulkan sebanyak 10.000 buku, dan akan didistribusikan kepada anak-anak di 77 lokasi yang ada di 57 kota di Indonesia.

Sejumlah buku yang dibagikan memiliki tujuan agar anak anak di pelosok negeri mendapat informasi, pengetahuan, keterampilan dari buku.

Anak-anak di Dusun Muara Piluk, Bakauheni, Lampung Selatan, membaca buku dalam kegiatan bakti sosial Kado Cinta Untuk Anak Indonesia Forsikatel Group di Bakauheni, Kamis (21/11/2019). -Foto: Henk Widi

“Berbagai cara agar menggemari buku dimulai dengan memilih buku sesuai minat, di antaranya buku cerita, dongeng, buku tentang pahlawan atau tokoh idola serta flora dan fauna untuk menambah wawasan,” ungkap Nyoman Sulaksmi, di hadapan puluhan anak-anak pesisir Muara Piluk Bakauheni, Kamis (21/11/2019).

Nyoman Sulaksmi juga menyebut, bahwa kegiatan membaca buku harus dijadikan sebagai rutinitas. Kegiatan membaca buku tersebut bisa dilakukan saat waktu luang dan pengantar tidur.

Setelah membaca berbagai jenis buku, bisa diceritakan kepada teman atau orang tua, agar anak-anak mendapatkan ilmu pengetahuan, sehingga akan menjadi anak Indonesia yang berwawasan luas.

Melaui buku, kata Nyoman Sulaksmi, anak-anak sebagai generasi muda bisa mewujudkan mimpi. Sebab, sejumlah tokoh penting di negara Indonesia mencapai mimpinya karena rajin membaca buku.

Sejumlah tokoh yang menjadi panutan, dicontohkan Nyoman Sulaksmi meliputi  Ir.Soekarno, Mohamad Hatta, Ki Hajar Dewantara dan BJ. Habibie.

“Buku yang kami donasikan kepada anak-anak, komunitas literasi merupakan donasi perseorangan dan perusahaan Telkom Group, yang berpartisipasi menyumbangkan buku layak baca,” tegas Nyoman Sulaksmi.

Meneruskan pesan Hayu Wulandari sebagai ketua Forsikatel Group, Nyoman Sulaksmi mengatakan, bahwa diharapkan kaum ibu bisa meluangkan waktu untuk menumbuhkan minat baca.

Dukungan meningkatkan minat baca dan menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dilakukan, salah satunya di kawasan pesisir Bakauheni.

Melalui kegiatan donasi buku bertajuk Kado Cinta untuk Anak Indonesia FG Treg 1, Forsikatel Group mengajak komunitas literasi di Bakauheni, antara lain, Perahu Pustaka, Motor Perahu Pustaka, Jangkar Pustaka, Nelayan Pustaka, Chip Pustaka, Sahabat Ceria dan sejumlah pegiat literasi lainnya.

Dukungan kepada pegiat literasi diberikan dalam bentuk uang tunai Rp7,5juta dan buku.

Radmiadi, pegiat literasi Perahu Pustaka sebagai salah satu perwakilan komunitas literasi, mengapresiasi Forsikatel Group. Kepedulian dalam menumbuhkan minat baca bagi anak-anak di pesisir Bakauheni dalam bentuk donasi buku, sangat dibutuhkan.

Ia menyebut,. selama ini minat baca anak-anak pesisir sangat tinggi, namun akses dan fasilitas buku yang belum memadai menjadi kendala.

“Donasi buku pada kegiatan donasi sebagai kado cinta anak Indonesia, akan menjadi tambahan buku yang dibaca anak-anak pesisir,” ungkap Radmiadi.

Selain mendapat donasi buku, pada kegiatan Forsikatel Group di kampung nelayan Muara Bakauheni, puluhan anak-anak juga mendapat sejumlah hadiah, seperti peralatan sekolah berupa tas.

Juga berbagai permainan edukatif dan menumbuhkan kecintaan budaya lokal, dilakukan dengan menyanyikan lagu berbahasa Lampung.

Lihat juga...