hut

Hadapi Tantangan Industri, AJI Balikpapan Beri Motivasi Pelajar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Untuk menggali potensi dan bekal menghadapi tantangan industri 4.0 ke depan, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan bersama sebuah perusahaan swasta memberikan motivasi kepada siswa SMK Negeri 6 Balikpapan.

Menurut Novi Abdi, selaku koordinator kegiatan, pemberian motivasi kepada siswa untuk memberikan semangat agar saat lulus nanti dapat menjadi SDM yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan.

CA Regional Manager Coca-Cola Amatil Indonesia Yayan Sopian (kiri) dan Perwakilan AJI Balikpapan Novi Abdi (kanan), sedang menyampaikan materi, Kamis (14/11/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

“Dengan motivasi yang diberikan diharapkan mampu memberikan semangat mereka setelah lulus, mengingat tantangannya bukan hanya SDM tapi juga teknologi,” katanya di sela kegiatan, Kamis (14/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah SMKN 6 Balikpapan, Asmid Noor, mengungkapkan, tantangan untuk kota Balikpapan sebenarnya bukan hanya industri 4.0. Dengan dipindahkannya ibu kota negara (IKN)  baru ke Kalimantan Timur, maka SDM lokal juga harus mampu berkompetisi.

“Apalagi ada IKN di Kaltim, maka SDM harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Balikpapan sebagai kota penyangga perlu persiapan juga bagi SDM, bagaimana cara menghadapi tantangan itu,” ujarnya.

Dengan motivasi dan menciptakan ide-ide kreatif, maka SDM lokal tidak akan menjadi penonton namun mampu bersaing dengan SDM lainnya yang datang ke Kaltim.

“Persaingan ke depan akan lebih kompetitif, apabila tak mampu kompetitif maka akan ditinggalkan dan hanya sebagai penonton,” ulas Asmid Noor.

Sementara itu, CA Regional Manager Coca-Cola Amatil Indonesia, Yayan Sopian, memaparkan berbagai materi motivasi yang memberikan semangat kepada pelajar untuk menjadi sukses ke depan.

Selama motivasi diberikan, sejumlah pelajar sangat antusias dan komunikatif. Bahkan mereka bertanya dan optimis terhadap tantangan yang ada.

Lihat juga...