hut

Hujan Disertai Angin Kencang Porak-porandakan Banyumas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Banyumas, Kamis (14/11/2019) siang, sekitar pukul 14.00 WIB, memporak-porandakan beberapa kecamatan.

Baliho besi berukuran besar  tumbang, begitu pula dengan tiang listrik dan beberapa pohon besar serta merusak rumah warga.

Kemacetan panjang terjadi di jalan utama Purwokerto–Patikraja akibat baliho besar di tepi jalan roboh. Baliho besar dari besi tersebut roboh ke bagian jalan dan menutup separuh lebih jalan. Akibatnya, jalan tersebut hanya bisa dilalui satu sisi dan kemacetan panjang tidak bisa dihindarkan.

Menurut keterangan salah satu anggota TNI, Kusworo, selain baliho besar yang tumbang, hujan disertai angin kencang juga merobohkan dua tiang listrik yaitu di daerah Gunung Tugel, Kecamatan Purwokerto Selatan dan satu tiang listrik di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon.

Salah seorang anggota TNI, Kusworo, saat ditemui di lokasi angin kencang, Kamis (14/11/2019) – Foto: Hermiana E. Effendi

“Anginnya tidak begitu lama, tetapi cukup kencang dan menumbangkan beberapa pohon besar, baliho besar di Patikraja, dua tiang listrik dan merusak rumah warga di Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran,” tuturnya.

Evakuasi baliho besar di Patikraja cukup memakan waktu, karena baliho tersebut terbuat dari besi berukuran besar dan tiang baliho juga berada di badan jalan. Tim di lapangan masih menunggu alat berat untuk menyingkirkan baliho.

Kemacetan arus kendaraan memanjang hingga satu kilometer baik ke arah Patikraja maupun ke arah Purwokerto. Pada kondisi normal, jalan tersebut juga sering macet, terlebih saat hanya bisa dilalui satu sisi jalan saja.

Sekitar pukul 15.00 WIB, hujan sudah mereda dan tidak ada lagi angin. Namun cuaca masih mendung dan disertai gerimis.

“Cuaca siang hingga sore hari ini cukup ekstrem, jadi bagi warga Banyumas yang bepergian harap lebih berhati-hati saat di jalan, hindari menghentikan kendaraan di bawah pohon-pohon yang besar. Dan bagi warga yang di rumah, juga tetap waspada, karena hujan sudah mulai mengguyur wilayah Banyumas,” tutur Kusworo.

Lihat juga...