hut

Hujan Disertai Angin, Puluhan Rumah Alami Kerusakan di Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Puluhan rumah di Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi Jawa Barat, mengalami kerusakan akibat hujan dan angin kencang melanda wilayah setempat pada Rabu malam (6/11/2019).

Hingga pukul 21.00 WIB terdata ada 24 titik rumah mengalami kerusakan berat sesuai laporan yang masuk. Jumlah tersebut diperkirakan bertambah akibat hujan disertai angin kencang melanda wilayah setempat.

Hujan deras dan angin kencang membuat juga pohon jenis angsana di tujuh titik tumbang. Sesuai laporan Polsek Bekasi Utara ada enam pohon jenis angsana tumbang. Akibatnya, dua unit mobil yang sedang melintas di Jalan Perjuangan tepatnya di depan RS Anna Medika Kelurahan Harapan Baru Kecamatan Bekasi Utara tertimpa pohon.

Dua mobil yang rusak parah adalah Daihatsu Terios, warna Silver No.Pol. D-1353-ABK milik Iqbal dan Toyota Avanza, warna Silver No.Pol. B-1715-PIL, milik Derry.

Saat ini kedua mobil tersebut sudah dievakuasi oleh petugas Damkar Kota Bekasi dan dibantu oleh warga sekitar. Namun jumlah kerugian belum bisa ditafsirkan. Insiden tersebut diketahui tidak menimbulkan korban jiwa.

“Hujan tadi pukul 19.00 WIB, disertai angin kencang. Bahkan ada pohon yang tumbang juga. Hujannya disertai angin kencang,”ujar Garay, staf di kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara dihubungi Cendana News, Rabu (6/11/2019).

Data jumlah rumah yang rusak berdasarkan laporan warga, menurutnya kemungkinan akan terus bertambah karena angin dan hujan hampir merata di wilayah Bekasi Utara.

Garay menyebutkan dampak dari hujan dan angin kencang tersebut, asbes rumah warga berterbangan dan tidak sedikit yang langsung ambrol. Bahkan ada beberapa titik plang penunjuk jalan roboh.

Untuk itu dia meminta warga segera melapor di kelurahan setempat. Untuk bisa didata lebih lanjut.

Warga terlihat merapihkan asbes rumahnya yang diterpa angin. “Ya bang tadi hujan lebat disertai angin sangat kenceng banget. Hujan setelah magrib dan baru reda sekira pukul 20 .00 WIB,” ujar Hamzah Warga Bekasi Utara.

Namun demikian dia mengaku di wilayahnya belum ada rumah yang rusak karena agak jauh dari lokasi Kelurahan Harapan Baru.

Sementara petugas Pusdalops BPBD Kota Bekasi, Danu mengatakan bahwa angin yang melanda wilayah Bekasi Utara masuk dalam kategori angin puting beliung.

“Dalam pantauan kami tadi, ada puluhan pohon yang tumbang di Jalan Perjuangan arah Telukpucung Bekasi Utara. Kalo sudah banyak pohon yang tumbang begitu masuk kategori angin puting beliung,” ujar Danu.

Lihat juga...