INDHEX 2019 Percepat Pengembangan Ekonomi Syariah

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), berupaya mempercepat pergerakan Indonesia menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta produk halal di pasar global. Ini diwujudkan LPPOM MUI dalam gelaran Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2019. 

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim mengatakan, INDHEX 2019 ini merupakan ajang pameran produk-produk bersertifikasi halal MUI terbesar di Indonesia.

“Kami berharap, INDHEX ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi  dan keuangan syariah Indonesia di pasar global,” kata Lukmanul, pada gelaran INDHEX di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (15/11/2019) sore.

Pameran produk halal ini berbeda dengan penyelenggaraan beberapa tahun sebelumnya, INDHEX 2019 ini  diselenggarakan berkat kerja sama LPPOM MUI dengan Bank Indonesia (BI), tepatnya Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS-BI) yang menggelar program Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF).

Dengan mengangkat tema Embracing Sharia Economic for Stronger and Sustainable Growth, Lukman berharap INDHEX ISEF mampu meningkatkan kerja sama yang lebih luas dengan lembaga internasional.

“Terpenting gelaran INDHEX ini menjadikan Indonesia sebagai pusat halal value chain dunia, melalui penguatan outlet pasar global untuk produk-produk halal dunia,” ujar Lukman.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi ajang promosi terbesar produk syariah dan halal di Indonesia. Dan, gelaran ISEF ini merupakan salah satu usaha BI yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka mengimplementasikan pilar ke tiga dari blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI.

“Yakni penguatan riset, asesmen, dan edukasi. Sedangkan INDHEX merupakan ajang pameran terbesar di Indonesia untuk produk-produk yang telah bersertifikat halal MUI,” ujar Lukmanul Hakim, yang juga sebagai Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat.

LPPOM MUI bersama pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) berupaya untuk memperkuat masalah halal, melalui berbagai bidang, salah satunya pameran produk halal ini.

Menurutnya, pameran ini sebagai  implementasi misi khidmatul-ummah atau melayani umat muslim, khususnya dengan menyediakan produk-produk yang terjamin kehalalannya.

“Seperti yang disampaikan Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, bahwa Industri halal di Indonesia harus berperan aktif mensejahterakan rakyat melalui produk halal,” ujar Lukman.

Ada banyak kegiatan di INDEX 2019, mulai dari pameran produk halal, konsultasi dan coaching clinics bagi para pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), talkshow sertifikasi halal dan bisnis kuliner berbasis digital dan demo masak.

Pameran INDHEX ini akan berlangsung hingga 17 November mendatang. Lukman berharap, kegiatan ini membuat masyarakat terus mengonsumsi makanan halal dalam kehidupan sehari-harinya.

Juga diharapkan dapat mempercepat pergerakan Indonesia menjadi pusat halal dunia dan keuangan syariah di pasar global.

Lihat juga...