hut

Inspektorat Akan Evaluasi Hasil Audit Dana Desa di Sikka

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Hasil audit yang dilakukan oleh pihak Inspektorat Kabupaten Sikka terkait penggunaan dana desa, akan dilakukan evaluasi di akhir November 2019, dan hasilnya akan diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Sikka.

Kerugian negara, termasuk dengan temuan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa-Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, bilamana tidak ada kemajuan pembayaran ganti rugi keuangan negara, maka juga akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Sikka.

Demikian disampaikan Kepala Inspektorat Kabupaten Sikka, Roby da Silva, pada Kamis (14/11/2019).

Roby mengaku belum mengetahui perkembangan pengembalian temuan ini, dan mengaku akan melakukan evaluasi di akhir November 2019, sehingga bisa segera dilimpahkan kasusnya.

“Akhir bulan ini akan kami lakukan evaluasi, dan bila tidak bisa dikembalikan, pada Desember kami akan serahkan temuan ini untuk diproses hukum di Kejaksaan Negeri Sikka,” ungkapnya.

Roby  juga mengakui ada kepala desa yang berdasarkan hasil audit pihak Inspektorat, ditemukan adanya penyimpangan dana dan sudah mengembalikannya ke kas daerah.

“Ada kepala desa dan aparat desa yang saat pemeriksaan ditemukan ada penyelewengan dana, namun mereka sudah mengembalikannya ke kas daerah, sehingga tidak dilimpahkan ke kejaksaan,” tuturnya.

Dalam pemeriksaan Inpektorat, kata Roby, total temuan kerugian penyalahgunaan ADD Lela mencapai Rp100 juta lebih. Dirinya berharap, agar jumlah dana berdasarkan temuan ini bisa segera dikembalikan.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Sikka, Cornelis  Oematan, SH., mengatakan, pihaknya berharap agar kasus penyelewengan dana ADD Desa Lela segera ditangani pihak inspektorat.

Cornelis juga meminta, agar aparat Desa Lela dan Kepala Desa segera mengembalikan temuan kerugian negara yang saat ini masih tersendat.

“Berdasarkan laporan masyarakat yang diperoleh Kejari Sikka, penyimpangan dananya sebesar Rp182 juta. Ini kan sudah berlangsung lama, sehingga seharusnya pihak inspektorat sudah menyerahkannya kepada kami,” tuturnya.

Lihat juga...