hut

Iran Mulai Pulihkan Koneksi Internet

Aksi demonstasi massa di Iran - Foto Ant

DUBAI – Iran pada Kamis (21/11/2019), mulai memulihkan akses internet di Ibu Kota Teheran dan sejumlah provinsi lainnya. Hal itu dilaporkan kantor-kantor berita setempat, dan warga masyarakat, setelah penutupan dilakukan di seluruh penjuru negara itu sepanjang hari.

Kebijakan itu diklaim dilakukan untuk membantu mengatasi pergolakan, akibat kenaikan harga bahan bakar. Garda Revolusi mengatakan, situasi kembali tenang di seluruh Iran. “Internet secara bertahap dipulihkan di negeri ini,” kata Fars, sebuah kantor berita semi-resmi, Kamis (21/11/2019).

Fars, juga mengutip pernyataan Dewan Keamanan Nasional, yang memerintahkan penutupan akses internet. Konektivitas web sudah disetujui untuk beberapa kawasan. Menurut laporan-laporan sejauh ini, akses internet sudah dipulihkan di Provinsi Hormozgan, Kermanshah, Arak, Mashhad, Qom, Tabriz, Hamadan dan Bushehr serta bagian-bagian Tehran. “Kami sudah tersambung dengan internet sejak lalu,” ujar seorang pensiunan insinyur, yang menolak menyebutkan namanya.

Penutupan akses internet membuat para pemrotes kesulitan untuk mengunggah video di media sosial, guna menarik dukungan lebih banyak.  Aksi protes di Iran pecah pada 15 November 2019, setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga bensin sedikitnya 50 persen. Protes-protes mulai terjadi di beberapa kota sebelum menyebar ke sebanyak 100 kota di seluruh Iran. (Ant)

Lihat juga...