hut

Jesse Sang Juara Umum TdS 2019: Etape Jambi-Sumbar Paling Menantang

Editor: Mahadeva

PADANG – Pebalap asal Australia, dari Sapura Cycling Team Malaysia, Jesse Ewart keluar sebagai juara umum Tour de Singkarak 2019.

Pebalap berusia 25 tahun itu, sejak etape pertama hingga ke etape sembilan, selalu bertengger di atas podium menjadi pemegang yellow jersey. Usai menerima penghargaan kemenangannya di Danau Cimpago Kota Padang, Minggu (10/11/2019) Jesse menyebut, TdS 2019 sangat luar biasa.

Terutama untuk etape yang memasuki daerah Kerinci dan Sungai Provinsi Jambi. Kemudian dilanjutkan ke daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lintasan tersebut dinilainya sangat menantang. Penyelenggaraan TdS 2018 dan 2019 disebutnya berbeda. Di Sumatera Barat, sejumlah daerah yang dilintasi disebutnya memiliki pemandangan alam yang indah. Dan titik yang paling menantang adalah, Kelok 44.

Pebalap asal Australia dari Sapura Cycling Team Malaysia Jesse Ewart keluar sebagai juara umum di even sport tourism Tour de Singkarak 2019 tengah memberikan keterangan pers ke awak media di Padang, Minggu (10/11/2019)/Foto: M. Noli Hendra

Lintasan tersebut memiliki titik tanjakan yang amat melelahkan. “TdS 2019 sangat menantang, terutama perjalan dari Sumatera Barat memasuki daerah Jambi, karena bagi saya hal ini adalah rute perdana yang saya lalui, sepanjang saya mengikuti TdS. Tapi sesuai yang saya katakan sebelumnya, saya akan berupaya mengunci kemenangan di TdS 2019 ini,” kata pebalap peringkat 30 Asia tersebut.

Tantangan di etape Sumatera Barat – Jambi, selain karena jalannya belum pernah dilewatinya, juga adanya perubahan suhu udara. Di etape sebelumnya suhu udara cenderung panas, sementara ketika memasuki etape Sumatera Barat – Jambi, suhu udara berubah menjadi lebih dingin. Baginya, etape Sumatera Barat – Jambi memberikan kesan tersendiri. “Soal keindahan alam, saya lihat daerah Sumatera Barat amatlah indah, dan begitu juga dengan hamparan kebun teh di Jambi, juga tidak kalah indahnya,” tegasnya.

Jesse ditasbihkan menjadi juara umum, setelah berhasil menjaga catatan waktu dari sembilan etape. Dia bisa mempertahankan yellow jersey untuk kategori Individual General Classification BY Time yang dipakainya sejak awal lomba. Total catatan waktu yang dibukukan 34 jam 34 menit 2 detik.

Sementara itu, tren positif juga ditunjukkan oleh rekan setim Ewart yakni Cristian Raileanu. Ia mengantongi total waktu 34 jam 35 menit 45 detik, dan menempati posisi kedua. Sedangkan, pembalap dari Omidnia Marshhad Team, Golakhour Mirsamad Pourseyedi, tak mampu mengejar ketertinggalan waktu.  Golakhour yang pada etape terakhir ini finish di urutan kesepuluh, dengan total catatan waktu 34 jam 37 menit 59 detik.

Dengan menyabet dua podium, secara otomatis Jessey Ewart dan Jessey Cristian Raileanu, membawa Sapura Cycling Team Malaysia keluar sebagai juara umum dengan total waktu 103 jam 56 menit 41 detik untuk kategori Team General Classification BY Time. Setelah Sapura, disusul PGN Road Cycling Team diurutan kedua dengan total waktu 104 jam 00 menit 32 detik dan, Go For Gold Philippines diurutan ketiga dengan raihan waktu 104 jam 5 menit 43 detik.

PGN Road Cycling Team yang sejak etape pertama selalu tampil konsisten, juga berhasil menduduki peringkat pertama untuk kategori Stage Team Classification dengan torehan waktu 86 jam 85 menit 84 detik. Selisih 4 menit 21 detik dari Sapura Cycling Team diurutan kedua dan, disusul Velofit Australia dengan total waktu 116 jam 114 menit 115 detik.

Selain itu, PGN Road Cycling Team juga berhasil meraih podium pertama untuk kategori Stage Best Indonesian Team dengan catatan waktu 86 jam 85 menit 84 detik. Disusul KFC Cycling Team diurutan kedua, dan tim dari tuan rumah Padang Roadbike Bank Nagari diurutan ketiga.

Etape IX, menutup TdS 2019 yang diikuti 108 pebalap dengan total panjang lintasan 1.300 kilometer. Dengan total hadiah Rp2,3 miliar. TdS 2019 menjajal wilayah Jambi, yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Total ada 16 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan Jambi yang dilintasi pebalap.

Lihat juga...