Kebun Melon Golden DCML Madura Datangkan Langsung Bibit dari Mekarsari

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

CILACAP — Kebun Melon Golden Mekarsari seluas 1,17 hektare Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Madura di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap memiliki kualitas unggulan. Bibit dari tanaman yang saat ini tersebar pada tiga dusun, yaitu Karangsari, Ciopat dan Mangunjaya didatangkan langsung dari Taman Buah Mekarsari Bogor.

Ketua KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, Kamis (28/11/2019) menjelaskan tentang lahan melon. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Total ada 13.500 tanaman melon dan saat ini usia tanaman memasuki satu bulan dan diperkirakan baru akan panen pada akhir Desember tahun ini atau awal Januari tahun depan dengan usia panen sekitar 75 hari.

Ketua KUD Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso mengatakan, penanaman yang sekarang merupakan periode kedua, dimana yang pertama ditanam pada 2018 dan sudah panen

“Panen perdana Melon Golden pada Oktober 2018 lalu dan sekarang baru dimulai penanaman lagi. Karena bibit yang digunakan adalah melon hybrida, jadi hanya bisa sekali panen. Untuk tanam kedua ini, bibit melon juga didatangkan dari Taman Buah Mekarsari,” terangnya, Kamis (28/11/2019).

Lebih lanjut Puji Heri menjelaskan, tanaman Melon Golden tersebut menggunakan lahan milik delapan orang petani setempat. Para petani ini mendapat bantuan bibit tanaman dari Taman Buah Mekarsari dan pihak koperasi juga memberikan bantuan pinjaman modal untuk pemeliharaan tanaman sebesar Rp 13.850.000 per 100 ubin lahan.

“Bibit dan modal untuk pemeliharaan tanaman diberi bantuan pinjaman oleh Yayasan Damandiri, para petani baru membayar saat panen nanti. Hasil panen juga langsung dibeli oleh Taman Buah Mekarsari, sehingga petani tidak perlu bingung untuk menjualnya,” jelas Puji Heri.

Buah Melon Golden ini merupakan melon jenis unggul yang jarang dijumpai di daerah. Sebab, harganya mahal, sehingga butuh pasar khusus. Harga jual Melon Golden di supermarket atau toko buah mencapai Rp 22.000 per kilogram, sementara melon biasa harganya hanya pada kisaran Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per kilogram.

Untuk penanaman dan pemeliharaan Melon Golden juga dibutuhkan keahlian khusus, para petani di Desa Madura mendapat bimbingan langsung dari Yayasan Damandiri.

“Kalau Taman Buah Mekarsari mempunyai pasar tersendiri, sehingga buah Melon Golden hasil panen nantinya dibeli langsung oleh Mekarsari. Pada panen perdana tahun lalu, hasilnya mencapai 21 ton Melon Golden, dengan jumlah tanaman 11.000. Untuk panen kedua nanti, diperkirakan meningkat, karena luasan lahan dan jumlah tanaman bertambah,” pungkasnya.

Lihat juga...