Kedungkandang Kebut Realisasi Program Lantainisasi dan Jambanisasi

Editor: Koko Triarko

MALANG – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menargetkan pada 2019 ini program lantainisasi dan jambanisasi di kelurahan Kedungkandang, kota Malang, bisa terealisasi semua, sehingga pada 2020 tidak ada lagi rumah warga yang berlantai tanah dan tidak memiliki jamban.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, telah melakukan pendataan terhadap warga miskin untuk mendapatkan program bantuan lantainisasi dan jambanisasi tahap 3.

“Kita sudah sosialisasikan ke ketua RW, karena mereka yang lebih mengetahui kondisi warganya, seperti apa dan siapa saja yang lantai rumahnya masih tanah dan tidak memiliki jamban,” ujarnya, saat ditemui di kantor KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Senin (25/11/2019).

Manajer umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, menjelaskan terkait program lantainisasi dan jambanisasi tahap 3 di kantor KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Senin (25/11/2019). -Foto: Agus Nurchaliq

Menurutnya, setelah dilakukan pendataan, ternyata masih ada 32 rumah warga yang masih berlantai tanah dan akan mendapatkan program lantainisasi, serta 8 rumah warga yang akan mendapatkan bantuan program jambanisasi tahap 3 dari Damandiri.

“Data dari ketua RW tersebut sudah kita periksa kebenarannya, dan sudah kita ajukan ke Yayasan Damandiri. Insyaallah data yang kita serahkan ke Damandiri itu yang terakhir, supaya di 2020  sudah tidak lagi berkutat dengan lantai tanah dan jamban lagi, tapi sudah bisa beralih ke program sosial yang lainnya,” tandasnya.

Seperti diketahui, pada kunjungannya di kelurahan Kedungkandang, Senin (28/10/2019), Ketua Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaya, meminta agar semua rumah warga miskin di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang tidak ada lagi yang berlantai tanah dan tidak memiliki jamban.

“Pokoknya semua warga miskin di kelurahan Kedungkandang harus berlantai dan berjamban. Jangan menunggu tahun depan, semua harus terealisasi tahun ini, karena sangat penting bagi kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, tercatat dalam kurun waktu 2019, Yayasan Damandiri total telah memberikan bantuan program lantainisasi kepada 131 warga serta program jambanisasi bagi 117 warga miskin di DCML Kedungkandang, yang terbagi ke dalam dua tahap pelaksanaan, yakni tahap 1 dan tahap 2. Pada tahap 1 diselesaikan lantainisasi untuk 70 rumah warga dan 46 jamban, sedangkan tahap 2 sebanyak 61 lantainisasi dan 71 jamban.

Lihat juga...