hut

Kejari Sukabumi Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Ilustrasi - Pemilihan Kepala Desa (Dok. CDN)

SUKABUMI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di daerah tersebut.

Pilkades digelar serentak di 240 desa yang ada di Kabupaten Sukabumi pada Minggu (17/11/2019). “Pemantauan ini untuk memastikan pelaksanaan pilkades ini berjalan lancar dan aman serta diharapkan warga mendapatkan calon kades yang yang berkualitas dan akuntabilitas untuk membawa desanya maju serta berkembang,” kata Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Kabupaten Sukabumi, Sunandar Pramon, Minggu (17/11/2019).

Menurutnya, calon kades terpilih nantinya harus amanah saat menjalankan tugas sebagai pemimpin di desa. Apalagi, pemerintah pusat mengucurkan anggaran yang cukup besar setiap tahunnya. Belum bantuan dari Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi. Diharapkan anggaran untuk warga itu benar-benar bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Setiap kades juga harus bisa membuat terobosan untuk daerahnya, dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki.

“Menjadi kades merupakan amanah dari warga, sehingga apa yang dilakukan harus untuk masyarakat dan tentunya harus bertanggung jawab dengan jabatannya jangan sampai merugikan siapapun,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, mengatakan pilkades di Sukabumi berjalan lancer. Mulai dari tahapan pendaftaran, tes seleksi,  sampai pemungutan suara yang dilaksanakan di 240 desa. Pihaknya juga menginginkan pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa tidak dikotori oleh kecurangan. Dan bagi calon kades yang tidak terpilih harus bisa menerima atau legowo. Pelaksanaan pilkades ini tidak hanya dipantau pihak kejaksaan, pejabat dari Polres Sukabumi dan Polda Jabar ikut turun ke lokasi memantau pelaksanaan pilkades agar berjalan lancar dan aman.

“Dalam pengamanan ini aparat keamanan gabungan dari TNI dan Polri yang diturunkan mencapai empat ribu orang, dibantu dengan petugas Linmas. Kami imbau warga maupun pendukung dan tim sukses masing-masing kades agar tetap menjaga kondusifitas serta tidak mudah terprovokasi,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi. (Ant)

Lihat juga...