Kemendes Berikan Bantuan Pengolahan Ikan di Mukomuko

MUKOMUKO  – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI memberikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar kepada Badan Usaha Milik Desa di Pasar Bantal untuk pengolahan hasil perikanan dan kelautan berupa ikan kering menjadi pakan ikan.

“Tahun ini hanya satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Pasar Bantal mendapatkan bantuan dana sebesar Rp1 miliar melalui program inkubasi inovasi dari Kemendes PDTT untuk membuat sebuah produk pakan ikan dari hasil pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan,” kata Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Juni Erwani, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Menurutnya, badan usaha milik desa di desa ini mendapatkan bantuan dana dari kementerian ini karena banyaknya bahan baku baik ikan maupun udang di perairan laut di wilayah ini.

Selanjutnya tim pelaksana kegiatan dari pemerintah desa setempat yang akan menggunakan dana bantuan dari kementerian yang masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja desa tahun ini untuk penyertaan modal di BUMDes tersebut untuk membeli berbagai sarana dan prasarana pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan.

Ia menyebutkan, tim yang membeli mesin pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan, termasuk membeli satu unit kapal beserta mesin dan alat tangkap dan pembangunan gedung pengolahan.

Setelah tim pelaksana kegiatan dari pemerintah desa setempat ini menyelesaikan pekerjaannya, kemudian tim menyerahkan semua hasil pekerjaan pembangunan kepada BUMDes.

Kemudian pihak BUMDes di desa ini memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada tersebut untuk melakukan aktivitas pengolahan hasil perikanan berupa ikan kering menjadi pakan ikan.

Ia meminta, pihak pelaksana kegiatan ini untuk mengerjakan kegiatan pembelian sarana dan prasarana untuk pengolahan ikan kering menjadi pakan ikan ini tepat waktu yang telah ditentukan dalam tahun ini. (Ant)

Lihat juga...