Kesadaran Keamanan Pangan Warga Palu Harus Ditingkatkan

PALU  – Dinas Kesehatan Kota Palu mengatakan kesadaran warga di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah  terhadap keamanan pangan harus ditingkatkan.

“Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap keamanan pangan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, produsen, dan konsumen,” kata Kepala Dinas Kota Palu, dr. Huzaimah, saat memberikan sambutan dalam kegiatan penyuluhan dan penyebaran informasi obat dan makanan bersama komunitas Pramuka yang diselenggarakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan di salah satu hotel di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan keamanan pangan menjadi isu cukup hangat dipersoalkan dan diperbincangkan berbagai kalangan masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Oleh karena itu, ia menekankan upaya penyebarluasan informasi tentang keamanan pangan perlu terus dilakukan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak agar korban akibat mengonsumsi pangan yang tidak aman dapat diminimalisasi.

“Perlu mengedukasi terus menerus dan berkelanjutan kepada masyarakat agar informasi tentang keamanan pangan ini bisa tersebar ke seluruh pelosok daerah di titik program promosi keamanan pangan dimaksud,” kata dia.

Namun, ia mengingatkan saat menyebarluaskan informasi dan edukasi keamanan produk pangan oleh pihak terkait, perlu memperhatikan metode, media, dan komponen penyebarluasan informasi kepada masyarakat

“Dan kelompok sasaran yang dituju agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti dan diterima dengan jelas,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...