hut

KNKS Dukung Pembentukan KEK Halal

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Legal, Promotion and External Relation Director KNKS, Taufik Hidayat, mengatakan, pembentukan kawasan halal ini sesuai dalam Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 yang telah diluncurkan pada Mei, lalu.

Dalam masterplan tersebut, pengembangan kawasan ekonomi halal juga menjadi salah satu rencana penting dalam mendorong ekonomi syariah di Indonesia.

“Saat ini, KNKS baru tahap pengembangan. Kita sedang melakukan link and match, kita upayakan adanya potensial investor dan supplier. Sehingga pengembangan KEK itu bisa berhasil dengan baik,” kata Taufik, kepada Cendana News, ditemui di Indonesia Sharia Economis Festival (ISEF), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (13/11/2019) petang.

Ada banyak wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai KEK halal. Tercatat, dari sekitar 200 stakeholders yang diundang KNKS untuk diskusi mengenai pengembangan ekonomi syariah Indonesia. Yakni, sekitar 100 stakeholders dari berbagai kementerian dan lembaga telah menyampaikan inisiatif mereka untuk mendorong ekonomi syariah di berbagai wilayah.

Inisiatif-inisiatif mereka tersebut nantinya akan diperkaya dan dipertajam pada Forum Group Discussion (FGD) pada 21 November 2019 mendatang.

“FGD gunanya untuk memperkaya dan mempertajam dari inisiatif-inisiatif yang sudah dikeluarkan oleh kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Sehingga menurutnya, dengan adanya sinergi dan penyelarasan program- program implementasi masterplan ekonomi syariah dapat segera terlaksana.

Program tersebut akan dijabarkan secara detail terkait promosinya, seperti apa untuk mengembangkan KEK halal ini. Juga program literasinya dari hulu sampai hilir dijelaskan detail kepada stakeholders. Kemudian penanggungjawabnya siapa, frekuensi dan sebagainya.

“Yang jelas, kita sedang dalam proses melakukan identifikasi maupun optimalisasi dari masterplan itu,” katanya.

Sehingga, dengan adanya sinergi  program-program implementasi tersebut diharapkan masterplan ekonomi syariah dapat segera terlaksana.

Lihat juga...