Koperasi Bukukan Pemasukan Rp30 Juta dari Kampung Homestay Damandiri

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

BOYOLALI — Keberadaan Kampung Homestay Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah terbukti tidak hanya mampu memberikan tambahan penghasilan bagi warga sekitar. Adanya program dari Yayasan Damandiri itu juga terbukti mampu memberikan pemasukan cukup signifikan bagi Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran yang ada di desa tersebut.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran Taufik Syahumar. foto: dok CDN

Manager Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Taufik Syahumar mengatakan, sejak diresmikan 2017 lalu, salah satu unit usaha berupa homestay ini telah mampu memberikan pemasukan hingga Rp30,7 juta bagi koperasi.

Setiap tahun pendapatan yang dihasilkan tercatat juga terus meningkat. Pada 2017 lalu, sebanyak 10 unit homestay diketahui mampu menghasilkan pemasukan Rp3,79 juta.

Sementara pada 2018, seiring dengan penambahan jumlah hingga mencapai 23 unit, pemasukan juga semakin bertambah. Di tahun kedua ini, unit usaha tercatat mampu memberikan pemasukan hingga Rp11,3 juta bagi koperasi.

Sementara hingga bulan Oktober 2019 lalu, unit usaha homestay di Desa Cerdas Mandiri Lestari Samiran tercatat telah mampu menyumbang pemasukan hingga mencapai Rp15,6 juta. Jumlah ini diperkirakan masih bisa meningkat pada musim liburan akhir tahun.

“Sebagai pengelola Kampung Homestay Damandiri, Koperasi rutin mendapatkan fee atau pembagian hasil dari setiap penyewaan homestay warga. Yakni sebesar 25 persen dari total pemasukan,”katanya.

Selama ini, pihak Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran sendiri tak henti melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan memajukan usaha penyewaan penginapan di Kampung Homestay Damandiri.

Sebab koperasi yang digawangi anak-anak muda desa setempat inilah yang menjadi jembatan penghubung dalam hal pemasaran antara warga pelaku usaha homestay, dengan para wisatawan dari luar daerah yang ingin berkunjung dan menginap di kawasan wisata Selo.

Selain memasarkan homestay melalui website sendiri, Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, juga melakukan inovasi promosi dengan cara memanfaatkan aplikasi berbasis android. Pemanfaatan teknologi digital terbaru semacam inilah yang menjadi kunci sukses keberhasilan Kampung Homestay Damandiri saat ini.

Lihat juga...