hut

Kota Denpasar Bersiap Gelar Hari Ikan Nasional 2019

Editor: Makmun Hidayat

DENPASAR — Kota Denpasar bersiap menyambut peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) 2019 pada 21 November 2019 mendatang bertajuk “Cegah Stunting” melibatkan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I Gusti Ayu Raini, mengatakan, dalam peringatan HARKANNAS Pemkot Denpasar bersama HIMPAUDI Kota Denpasar akan menggelar berbagai kegiatan di antaranya makan ikan bersama, berdongeng, pemberian pemahaman tentang manfaat ikan dan cara memilih ikan yang bagus kepada para orangtua.

Tidak hanya itu, Raini mengatakan, pada saat itu pihaknya akan menghias tempat acara dengan pernak pernik ikan. “Dengan demikian anak-anak akan semakin senang untuk mengkonsumsi ikan,’’ ujarnya saat ditemui Cendana News, Senin (18/11/2019).

Ditambahkan, pemahaman kepada anak maupun kepada orangtua penting diberikan karena pemberian ikan harus diberikan pada 1000 hari kehidupan. Artinya mengkonsumsi ikan harus diberikan mulai dari dalam kandungan. Sehingga ibu hamil, menyusui maupun anak wajib untuk konsumsi ikan untuk mencegah stunting.

Menurutnya yang paling mudah mengajarkan anak makan ikan adalah saat mereka belum bisa memilih makanan. “Saat itu kita mengajarkan cita rasanya ikan maka anak akan terbiasa makan ikan,’’ ujarnya.

Ia menambahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Pemerintah Kota Denpasar bersama Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) juga telah memberikan imbauan agar HARKANNAS dijadikan momentum untuk mengajak seluruh masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Sehingga peringatan HARKANNAS tahun ini di Kota Denpasar akan lebih meriah.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya menyambut baik imbauan pemerintah, karena Pemkot Denpasar secara rutin telah sosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat di Kota Denpasar.

Dengan adanya imbauan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersama HIMPAUDI membuatnya lebih semangat dan gencar melaksanakan Gebyar Makan Ikan. ”Kami sangat menyambut baik imbauan dari pusat sehingga kami bisa menyasar masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dari sejak dini,” ungkap Selly.

Lebih lanjut Selly mengatakan dengan adanya gerakan ajak makan ikan, maka pengetahuan masyarakat akan semakin luas mengingat manfaat ikan sangat banyak untuk kesehatan dan kaya akan protein. Selain itu mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.

Ketua HIMPAUDI Kota Denpasar, AL Ismartono Santoso, mengatakan kegiatan HARKANNAS di Kota Denpasar telah berkoordinasi dengan OPD terkait dan didukung penuh oleh Bunda Paud sekaligus Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar.

Sedangkan untuk mengajak anak untuk gemar makan ikan, imbuhnya, sudah didengungkan di Kota Denpasar dari dua tahun lalu. “Ini artinya Kota Denpasar lebih awal menerapkan. Kami juga memberikan (menu) makan tambahan kepada balita maupun ibu hamil. Kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan ditiru untuk daerah lainnya,” tandasnya.

Lihat juga...