KPU Sigi Sosialisasikan Pilkada pada Masyarakat Terpencil

SIGI  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mulai mengenalkan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak, pemilihan bupati dan wakil bupati Sigi kepada masyarakat di daerah terpencil/terisolir.

Komisioner KPU Sigi Bidang Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Anhar Lasingki di Sigi, Minggu, mengemukakan dua kategori wilayah yang menjadi sasaran utama KPU Sigi untuk mengenalkan pemilu, yaitu daerah terpencil/terisolir dan lokasi pengungsi/wilayah terdampak bencana gempa dan likuifaksi serta banjir.

“Iya, terutama di daerah terdampak bencana dan daerah-daerah terpencil serta terisolir,” kata Anhar Lasingki, di Sigi, Minggu.

Anhar menguraikan, daerah-daerah terpencil/terisolir yang  dituju oleh KPU Sigi meliputi Kecamatan Marawola Barat, Pipikoro, Kulawi dan Kulawi Selatan, Lindu, Kinovaro.

Selain itu, KPU Sigi, sebut dia, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat atau di wilayah-wilayah bukan terpencil, namun rendah tingkat partisipasi.

“Berdasarkan data yang ada pada kami, ada beberapa wilayah yang rendah tingkat partisipasi masyarakat berdasarkan hasil pileg, dan pilres 2019. Salah satunya ialah daerah Kecamatan Marawola,” sebutnya.

Upaya itu diikutkan dengan pendidikan pemilih, hal ini agar pemilih betul-betul memahami tujuan dan makna atau substansi dari pesta demokrasi, serta menentukan pilihan untuk memilih salah satu calon dengan menganalisis visi dan misi kandidat.

“Kami akan kenalkan rumah pintar pemilu, yang di dalamnya merupakan tempat pendidikan pemilih, pendidikan pemilu. Hal ini untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pemilu,” ujarnya.

KPU Kabupaten Sigi telah mendapat hibah daerah dari Pemkab Sigi untuk menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020, dengan nilai hibah Rp30 miliar.

Terkait momentum pilkada Sigi, beberapa tokoh pemuda mulai mengampanyekan dan menyosialisasikan diri melalui alat peraga kampanye seperti baliho, poster, spanduk. (Ant)

Lihat juga...