hut

Maknai Hari Pahlawan, Walkot Bekasi Ajak Bergotong Royong

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Wali Kota Bekasi, Jawa Barat Rahmat Effendi, menjadi pembina upacara Hari Pahlawan yang digelar di Alun-alun setempat, Minggu (10/11/2019).

Ribuan peserta mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan dari berbagai elemen warga Kota Bekasi. Peserta upacara dari unsur pimpinan daerah diantaranya, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan, Ketua DPRD Kota Bekasi.

Selain itu, aparatur Pemkot Bekasi, TNI-Polri, guru, ormas kepemudaan, dan pelajar, juga puluhan pejuang dari legiun veteran Bekasi.

“Aku Pahlawan Masa Kini, yang berarti jadikan pahlawan di berbagai bidang untuk membangun bangsa,” ujar Rahmat Effendi.

Dalam amanatnya ia mengajak seluruh elemen di Kota Bekasi memaknai Hari Pahlawan untuk bergotong-royong membangun Kota Bekasi. Sesuai dengan Tema Hari Pahlawan tahun 2019.

Menurutnya pembangunan harus terus dilanjutkan untuk kemajuan daerah dan bangsa. Ia juga mengajak untuk terus menjaga perdamaian, toleransi dan kebersamaan dalam segala aspek.

“Menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkan Kota Bekasi yang nyaman, dan damai termasuk keterlibatan unsur organisasi masyarakat yang juga hadir dalam momentum Hari Pahlawan kali ini,” kata Rahmat Effendi.

Ia juga menggarisbawahi dan mencatat, pesan pahlawan nasional Profesor Dr Suharso yang dibacakan Dandim 0507, bahwa Dr Suharso menekankan baik buruknya sebuah kota menjadi tanggung jawab elemen masyarakatnya.

“Baik buruknya sebuah Kota menjadi tanggung jawab bersama. Ini penggalan dari tokoh nasional Prof Dr Suharso menjadi semangat kita menjadikan kota Patriot Bekasi menjadi kota yang nyaman, damai tentram sehingga kita mampu membangun kedamaian, merajut kebersamaan dalam bingkai NKRI,” kata Bang Pepen, sapaan akrab Wali Kota Bekasi.

Ia menegaskan bahwa dalam kepemimpinannya jika ada yang kurang dalam proses yang dilaksanakan, ia minta diperbaiki bersama. Ini bagian menuju keberhasilan proses peradaban untuk pembangunan dan kemaslahatan warga Kota Bekasi.

Berjuang menurutnya, bukan untuk kepentingan pribadi, namun berjuang untuk membangun negeri sesuai jamannya. Untuk itu dia mengajak melalui momentum hari pahlawan, merupakan momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk bersatu membangun daerah.

Lihat juga...