hut

Maluku Diguncang Gempa Dua Kali

Ilustrasi - DOK CDN

MANADO – Gempa mengguncang dua wilayah di Indonesia dini hari hingga Selasa (12/11/2019). Pagi ini, gempa bermagnitudo 5,9 menggetarkan kira-kira 66 kilometer barat laut Jailolo-Provinsi Maluku Utara.

Gempa terjadi sekira pukul 6:41:00 WIB, dengan pusat gempa di kedalaman 83 kilometer. “Tidak berpotensi tsunami dan hingga kini tidak ada laporan terjadinya kerusakan pascagempa,” sebut Staf Operasional Stasiun Geofisika Winangun, Alfa, di Manado.

Gempa tektonik tersebut dirasakan di Kotamobagu,Ternate, Tobelo II-III MMI, Bolaang Mongondow Timur, Kota Manado, Tondano (Kabupaten Minahasa), dan Minahasa Utara II MMI.

Sementara sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi bermagnitudo 2,7 terjadi di Ambon pada Selasa (12/11/2019) pukul 00.34 WIB. Di laman-nya, BMKG menyebut, pusat gempa berada di darat, berjarak 17 kilometer arah timurlaut Ambon. Pusat gempa di kedalaman sekira 10 kilometer. Titik koordinat lokasi gempa berada pada 3.57 Lintang Selatan (LS) dan 128.27 Bujur Timur (BT).

BMKG juga menyebutkan getaran gempa tersebut dirasakan dalam skala II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan skala III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dengan getaran seakan ada truk berlalu. (Ant)

Lihat juga...