hut

Memilih Ikan Laut Segar, Kunci Membuat Olahan Menyehatkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Pemilihan ikan laut segar menjadi cara mendapatkan hasil olahan yang menyehatkan. Samsul, pedagang ikan keliling atau dikenal pelele menyebut ikan laut segar diperoleh dari tangkapan nelayan tanpa disimpan lama dalam alat pendingin.

Pemilihan ikan segar menurutnya harus diketahui konsumen agar tidak mendapatkan ikan yang seolah segar namun sudah busuk.

Kondisi ikan laut segar menurut Samsul terlihat dari mata yang masih merah, insang berwarna merah, beraroma amis khas ikan, daging masih cerah dan kusam.

Samsul menambahkan pada bagian perut ikan, kesegaran bisa terlihat pada saat menekan maka akan kembali ke bentuk semula. Jika perut ikan lunak dan mudah terburai dipastikan kualitas daging ikan laut menurun.

Samsul menyebut sebagai pedagang yang memasok ikan laut segar ke rumah makan, restoran ia dituntut mengirim ikan dalam kondisi segar. Kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan menjadikan pemilihan ikan laut harus lebih teliti.

Kualitas ikan laut yang menurun membuat kontaminasi bakteri mudah terjadi. Lalat yang hinggap pada ikan laut yang membusuk berimbas pada gangguan kesehatan seperti mual, pusing dan keracunan.

Samsul, pedagang ikan laut asal Ketapang Lampung Selatan memasok ikan segar jenis tengkurungan, simba, kakap dan cumi-cumi sebagian dijual langsung ke konsumen, Sabtu (30/11/2019) – Foto: Henk Widi

“Saya menjual ikan laut sekaligus mengedukasi masyarakat cara memilah ikan yang baik, sebab jika mendapatkan ikan dengan kualitas yang menurun konsumen bisa keracunan ikan laut terutama jenis tongkol yang menyebabkan alergi gatal-gatal,” ungkap Samsul saat ditemui Cendana News, Sabtu (30/11/2019).

Samsul menyebut menjual ikan dari hasil tangkapan nelayan yang menangkap dengan jaring dan pancing. Ia memilih membeli dan menjual kembali ikan laut yang langsung dibawa ke daratan sehingga masih dalam kondisi segar.

Sebab hasil tangkapan sejumlah nelayan yang melaut selama lebih dari 5 hari dipastikan sudah diawetkan dalam lemari pendingin. Meski segar, namun kualitas ikan dipastikan menurun.

Samsul menyebut jenis ikan yang dipastikan segar kerap diperoleh dari nelayan payang tepi pantai. Payang tepi pantai bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan pelagis jenis selar, kembung, tongkol dan tengkurungan.

Berbagai jenis ikan tersebut langsung dibeli olehnya dengan jumlah 40 hingga 50 kilogram. Setelah dibeli ikan akan dikirim ke pemesan rumah makan, restoran dan konsumen langsung.

“Penggunaan es batu tetap dilakukan menjaga kondisi ikan segar selama proses berkeliling namun tidak lebih dari sehari,” ungkap Samsul.

Samsul menyebut kerap mendapat keluhan pelanggan mengalami biduran, gatal dan keracunan. Gejala tersebut menurutnya berpotensi terjadi saat ikan laut yang dibeli dalam kondisi tidak segar.

Proses penyimpanan dalam lemari pendingin yang lama, insang sudah berwarna biru, daging ikan lembek mengakibatkan ikan laut tidak sehat untuk dikonsumsi. Menjaga konsumen tetap setia membeli Samsul berkomitmen menjual ikan dalam kondisi segar.

Menjaga kualitas tetap optimal, Samsul juga menganjurkan konsumen segera mengolah ikan yang dibeli. Jika tidak akan diolah sesegera mungkin, pemberian perasan lemon dan rempah-rempah bisa menjadi cara menjaga kesegaran ikan.

Selain diolah dalam kondisi segar ikan laut menjadi sumber protein, Omega 3 yang bagus untuk kesehatan anak-anak.

Susi, pemilik warung makan di Bakauheni menyebut ikan laut segar menjadi pilihan baginya untuk diolah. Sejumlah konsumen menurutnya kerap memesan kuliner ikan dengan melihat langsung bahan baku.

Susi, pemilik warung makan olahan ikan laut memilih jenis ikan segar untuk disajikan dalam olahan makanan tradisional, Sabtu (30/11/2019) – Foto: Henk Widi

Ia bahkan menyediakan ikan yang masih segar sebelum diolah sehingga konsumen yakin akan kualitas ikan laut. Sebagian ikan segar diakuinya dipasok oleh Samsul salah satu pelele dan sejumlah nelayan Bakauheni.

“Istilah nelayan ada ikan pagi dan ikan sore, saat mendapatkan ikan pagi akan lebih segar karena hasil tangkapan malam, ikan sore kerap sudah lama di mesin pendingin,” tutur Susi.

Menjaga kualitas olahan ikan yang dijual, Susi menyebut memiliki nelayan langganan. Setiap ikan yang ditangkap dalam kondisi segar akan dibelinya untuk disajikan sebagai olahan kuliner. Sebab sebagian konsumen memilih memasak ikan secara dadakan.

Sistem dadakan memungkinkan pelanggan memilih jenis ikan yang akan diolah. Selain dibakar, digoreng konsumen memilih ikan diolah dengan cara dipindang.

Opung, salah satu penikmat olahan ikan laut menyebut menyukai ikan laut yang masih segar. Saat membeli ikan dari Samsul, salah satu pelele ia memilih ikan laut dengan kondisi masih segar.

Selain itu saat membeli kuliner ikan dari warung makan milik Susi, ia memilih ikan secara langsung sebelum diolah.

Menyantap ikan yang segar disebutnya menjadi cara menjaga kesehatan. Sebab ikan yang masih segar memiliki nilai gizi yang masih cukup baik.

Lihat juga...