hut

Menristek Tekankan Pentingnya Inovasi

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset Nasional, Bambang Brodjonegoro, menyatakan apresiasi kepada pelaksana Indonesia Business Award 2019, karena transformasi bisnis adalah hal yang sangat penting, terutama di dunia usaha.

Menurutnya, pelaku usaha yang tidak mampu bertransformasi sesuai dengan zaman yang sudah berubah, maka bukanlah pemenang.

“Pemenang dalam dunia usaha adalah mereka yang cepat adaptif dan bertransformasi secepat mungkin ketika ada perubahan orientasi di pasar,” kata Bambang, saat memberikan sambutan acara Indonesia Business Award 2019 di Auditorium Gedung BPPT 2 Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Bambang juga menyatakan apresiasinya kepada perusahaan, baik BUMN maupun swasta yang terlibat dalam acara ini. Karena program seperti ini mampu mendorong dan memotivasi perusahaan yang berpartisipasi maupun tidak berpartisipasi, untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menjalankan bisnis atau usahanya.

“Sehingga akan tercipta iklim kerja,  iklim usaha dan inovasi yang kondusif di Indonesia,” ujarnya.

Komponen transformasi paling utama adalah kemampuan berinovasi untuk menjaga dan meningkatkan daya saing bisnis.

“Para pengusaha pasti tahu, betapa kerasnya persaingan yang ada dan akan makin keras di masa depan. Sehingga inovasi akan menjadi kata kunci untuk menyiasati persaingan yang keras ini. Dan, inovasi ini harus menjadi kata kunci dan selalu diupayakan, dipromosikan dan dijadikan mainstream dalam kegiatan dunia usaha tersebut,” ucap Bambang.

Bagi para pemenang pada award kali ini,  Bambang mengharapkan agar tidak berpuas diri dan tetap terus melakukan inovasi.

Award ini diharapkan jadi pemicu untuk inovasi yang lebih intensif. Inovasi yang akan mempengaruhi ekonomi Indonesia secara menyeluruh,” tutur Bambang.

Pemenang Indonesia Business Award 2019, antara lain adalah PT Pindad (Persero) yang meraih The  Best CEO in Military and Heavy Equipment Industri 2019, dan PT PAL Indonesia (Persero) untuk The Best CEO in Maritime Industri 2019.

Lihat juga...