hut

MKGR Berkomitmen Berkarya Nyata Membangun Bangsa Indonesia

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) berkomitmen untuk berkarya nyata dalam memajukan dan membangun bangsa dan negara Indonesia.

Ketua Umum DPP MKGR, Letjen TNI (Purn), R.H. Soeyono mengatakan, organisasi kemasyarakatan ini berlandaskan Pancasila, bersifat nasional, dan indefenden tidak terafiliasi kepada salah satu partai politik, juga bersifat terbuka.

“Sesuai ajaran panca moral, kami MKGR berkomitmen untuk berkarya nyata memajukan bangsa dan negara serta kesejahteraan rakyat Indonesia,” kata Soeyono dalam sambutannya saat membuka Musyawarah Besar VII bertajuk ‘Kita Kembali ke Jati Diri Bangsa Melalui Panca Moral MKGR’, di Hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (18/11/2019).

Mencermati perkembangan masa depan menyongsong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka sangat diperlukan peran aktif dari generasi muda dan para aktivis MKGR di segala bidang. Di antaranya, pendidikan, kelautan, pertanian, bela negara, lingkungan hidup, kesehatan, olahraga, dan lainnya.

Soeyono berharap generasi muda dan para aktifis MKGR harus sadar menyiapkan diri untuk berkarya nyata di bidangnya masing-masing.

“Karya nyata kita akan mengembangkan sumbangan yang sangat berarti bagi nusa, bangsa dan rakyat Indonesia,” tegasnya.

Soeyono juga mengimbau keluarga besar MKGR senantiasa menjunjung tinggi semua ajaran pendiri yaitu almarhum Mayjen TNI (Purn) R.H Sugandi.

“Beliau (R.H Sugandi) senantiasa mengedepankan musyawarah dan mengambil solusi serta tidak pernah melupakan azas kekeluargaan dalam regenerasi dan gotong royong dalam berkarya nyata,” ungkapnya.

Ajaran panca moral MKGR, kiprah MKGR, lima garis doa indah MKGR dan saling asah asih asuh merupakan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Inilah sebutnya, ajaran yang selalu disematkan oleh Bapak R.H Sugandi kepada semua keluarga MKGR.

Dia juga mengimbau para kader MKGR hendaknya menjauhi sifat dan sikap negatif yang bisa menghancurkan kehidupan organisasi.

Karena menurutnya, panca moral telah mengajarkan kita semua, yakni bagaimana kita harus mencintai keragaman bangsa, mencintai NKRI, keluarga kita dan organisasi kita.

“Panca moral pula yang telah mengarahkan kita agar bersifat berani karena benar dan jujur serta bertanggungjawab secara penuh dalam membangun bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Lihat juga...