hut

Pabrik Es di Kabila Bone Kembali Beroperasi

GORONTALO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, kembali mengoperasikan pabrik es untuk memenuhi kebutuhan nelayan di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, saat memantau dan meluncurkan kembali beroperasinya pabrik es itu, mengaku bersyukur pabrik es tersebut dapat kembali dioperasikan.

Karena menurutnya, hal itu menyangkut kepentingan rakyat, terutama para nelayan. Tidak beroperasinya pabrik itu selalu dikeluhkan oleh para nelayan, mereka sulit mendapatkan es untuk menjaga kesegaran ikan tangkapan.

“Alhamdulillah, lega rasanya menyaksikan kembali pabrik es milik Pemkab Bone Bolango kembali beroperasi secara normal. Setiap hari pabrik di Kabila Bone ini bisa menghasilkan 300 balok es dengan berat 50 kg per balok,” ujarnya, Minggu (3/11/2019).

Menurutnya, hal itu bisa membantu memenuhi kebutuhan nelayan di Kabila Bone, karena salah satu keluhan utama mereka adalah sulitnya mendapatkan es untuk menjaga kesegaran ikan.

Ia pun berharap, dengan beroperasinya pabrik es ini bisa berjalan dengan baik, dijaga dan dirawat dengan baik. Sehingga es untuk nelayan selalu tersedia, dan juga ada pendapatan ke daerah.

“Alhamdulillah setelah dicari, kita pemerintah daerah bisa mendapatkan partner yang bersedia menghidupkan kembali pabrik es ini, yakni tokoh nelayan Gorontalo yang juga pengusaha sukses, Yusni Abdullah atau Haji Pulu,” ungkap Hamim.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim menitipkan agar nelayan yang bekerja secara mandiri bisa diberikan kesempatan untuk membeli es balok dari pabrik es tersebut.

“Saya yakin, Haji Pulu bisa mengembangkan pabrik es dengan sebaik-baiknya sekaligus bisa membantu masyarakat nelayan di sini, sekaligus bisa berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...