hut

Panen Mangga ‘Green Bombay’ di Mekarsari Ditunggu Pengunjung

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Pada musim panen mangga dengan rasa asam segar, salah satu yang menjadi primadona di Taman Buah Mekarsari adalah varietas Green Bombay yang memiliki karakteristik asam segar. Selain karena tampilan bagus saat masih setengah matang, juga karena pengunjung Taman Buah Mekarsari memang menunggu momen event rujakan Taman Buah Mekarsari. 

Green Bombay memiliki bentuk bulat dan warna hijau gelap, seperti warna daun bayam. Ukurannya tidak besar dan juga tidak kecil.

Di India bagian utara, Green Bombay ini dikenal dengan nama Malda, dan tumbuh baik di wilayah Bihar, Uttar Pradesh dan Rajashtan. Para imigran India membawa bibit mangga ini hingga Amerika Utara, South Carolina Amerika Serikat dan Jamaika.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari, Anna Sartika Hutapea, menyebutkan bibit Green Bombay yang ada di Taman Buah Mekarsari berasal dari Thailand.

“Green Bombay ini memang biasa dipanen saat muda. Untuk konsumsi penyuka rujak. Dan, memang keunggulannya adalah karakteristik rasanya yang segar,” kata Anna, saat ditemui di Kebun Mangga Taman Buah Mekarsari, Selasa (19/11/2019).

Tapi, menurut Anna, Green Bombay ini bisa tidak berasa terlalu asam saat matang. Walaupun memang tidak semanis varietas mangga manis, seperti Chokanan.

Mangga Green Bombay yang sudah siap petik di Kebun Mangga Taman Buah Mekarsari, Selasa (19/11/2019). –Foto: Ranny Supusepa

“Sejak berbunga, biasanya sekitar dua bulan sudah bisa dipanen. Untuk melihat matang atau tidaknya, bisa dilihat dari adanya lapisan tipis seperti tepung berwarna putih pada kulitnya. Sehingga, warna hijau yang saat muda terlihat berkilat menjadi agak pudar,” urai Anna.

Selain itu, kematangan Green Bombay bisa juga dilihat dengan banyaknya getah pada ujung pangkal antara buah dengan tangkai.

“Kelebihan Green Bombay ini adalah pohonnya produktif dan gampang tumbuh. Dalam satu pohon bisa menghasilkan 30-50 butir, dengan masing-masing berat sekitar 700 gram. Jadi kalau pohon produktif, total yang bisa didapatkan sekitar 50 kilogram per pohon,” ujar Anna, seraya menunjukkan beberapa pohon Green Bombay koleksi Taman Buah Mekarsari.

Anna menyebutkan, bagi penyuka ornamen tanaman, pohon Green Bombay ini bisa menjadi pilihan. Karena rimbun daun dan buahnya yang banyak.

“Pohon Green Bombay ini sudah ada sejak Mekarsari berdiri, ya sudah sekitar 20 tahunanlah,” ucapnya.

Menurutnya, jika mau menunggu Green Bombay hingga manis, bisa dibiarkan matang di pohon dengan tanda buahnya mulai empuk saat dipegang.

“Kalau di Mekarsari, kita memang panen saat masih belum terlalu matang. Karena memang dari tampilan lebih bagus. Dan, orientasinya memang untuk dibuat rujak. Karena pengunjung menunggu ini setiap tahun,” pungkasnya.

Lihat juga...