hut

Patut Dicoba, Kue Balok Jawara Khas Garut di Bekasi

Editor: Mahadeva

BEKASI – Beragam kuliner nusantara yang bisa ditemukan di Kota Bekasi memang tak ada habisnya. Berbagai menu kukiner khas dari daerah bisa ditemui di Kota Patriot.

Salah satu kudapan yang bisa ditemui adalah, makanan khas Garut, Jawa Barat, kue Balok. Kudapan tersebut mudah ditemukan karena banyak dijajakan dipinggir jalan tertentu. Meski berharga murah, tapi keberadaanya patut untuk dicoba, untuk teman meminum kopi atau teh.

Kue balok merupakan kudapan legendaris khas tanah Pasundan, yang bisa dijumpai di mana saja. Namun di Kota Bekasi ada Kue balok Jawara. Kue original, dengan bahan baku tepung segitiga dan dipanggang menggunakan cetakan khusus. “Satu potong dijual Rp2.000, tapi kadang ada juga dibuatkan khusus untuk brownis. Lakunya pagi dan sore, lumayan peminatnya di Kota Bekasi,” kata Galih, penjual Kue Balok di Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (16/11/2019).

Kue Balok khas Garut di Bekasi wajib di cicipi. Karena rasanya khas cocok untuk teman kopi atau teh. Empuk dan garing memberi sensasi, Kue Balok bisa dijumpai di Jatiasih Perumahan Pemda atau di komple Islamik Centre, Sabtu (16/11/2019) – Foto M Amin

Proses pembuatan kue balok atau brownies tidaklah sulit. Adonan brownies yang telah diberi air, dicampur dengan telur, susu, dan bahan pelengkap lain. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut di campur dengan cokelat atau varian yang disuka sesuai pesanan.

Untuk kue balok original, bahan bakunya hanya terigu segitiga, telor ayam, gula. Setelah itu adonan dipanggang mengguna cetakan khusus. Proses pemanggangan ini membutuhkan kejelian agar kue bisa garing maksimal. Galih, menjual kue balok melalui sistem kemitraan.

Dengan membayar besaran harga tertentu dia sudah mendapatkan gerobak peralatan dan mengikuti kursus beberap hari, sebelum turun berjualan langsung. “Selain di Jatiasih kue balok khas Garut tersebut bisa ditemui dikomplek Islamik Center. Saat ini bagi yang ingin menikmati kue balok Jawara di Bekasi sudah bisa pesan melalui go pay harga Bisa go pay,” tukas Galih.

Dalam sehari Galih bisa menjual hingga 400 biji kue Balok setiap akhir pekan. Omset per-hari berkisar antara 250 sampai 300 buah kue balok.

Lihat juga...