Pembelajaran ‘Artificial Intelligence’ Penting Diberikan Sejak Dini

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Artificial Intelligence (AI) menjadi kebutuhan yang tak bisa dielakkan di era revolusi 4.0 seperti saat ini.

Ke depan, pemanfaatan AI diyakini akan semakin dibutuhkan untuk memecahkan berbagai persoalan yang semakin kompleks, terutama dalam hal teknologi informasi. Karena itulah pengenalan dan pembelajaran AI menjadi penting dilakukan di dunia pendidikan sejak dini.

Pakar AI dan IT Security, Onno W. Purbo, menyebut prospek AI di masa depan masih sangat besar. Hal ini menjadi pondasi yang sangat penting untuk semua jurusan, tidak hanya informatika saja namun juga jurusan-jurusan lain.

“Tujuan utama AI adalah sebagai ‘dukun’. Dengan data yang sangat besar, ia mengolah dan merumuskan analisis terbaik dengan persamaan linier. Siapa yang tidak butuh ‘dukun’. Semua butuh ‘dukun’, baik presiden, gubernur, bupati, rektor, dan sebagainya,” katanya dalam seminar bertema Artificial Intelligence dan IT Security di Era 4.0, di Auditorium Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Condong Catur, Ringroad Utara, Yogyakarta, Sabtu (30/11/2019).

Dalam acara yang digelar Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), itu pembicara lainnya Aat Shadewa yang juga merupakan Pakar IT mempertegas bahwa AI ke depan akan menggantikan sejumlah pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia. Sehingga setiap elemen harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada.

“Kalau dulu hacking hanya bisa dilakukan oleh expert dan manual, dengan adanya AI hal ini bisa dilakukan beginner dan otomatis. Jadi, AI akan menggantikan semua pekerjaan jasa in the future”, terangnya.

Diikuti 400 peserta baik institusi pendidikan, instansi pemerintah, praktisi IT, dan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia, Dekan Fakultas Teknologi Informasi UMBY, Supatman, ST MT, saat membuka acara mengatakan, pihaknya sebagai institusi perguruan tinggi berharap, materi yang disampaikan pembicara mampu membuka pemahaman lebih mendalam terkait tantangan dan peluang AI yang bisa dimanfaatkan dalam era 4.0 saat ini.

Hal senada juga disampaikan koordinator acara A. Sidiq Purnomo yang memberikan apresiasi kepada para peserta, baik dari instansi pendidikan dan pemerintahan. Ia berharap adanya seminar ini mampu membuka pemahaman baru bagi masyarakat mengenai AI itu sendiri.

Koordinator Acara, A. Sidiq Purnomo, di sela acara seminar bertema Artificial Intelligence dan IT Security di Era 4.0, di Auditorium Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Condong Catur, Ringroad Utara Yogyakarta, Sabtu (30/11/2019). – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Harapannya orang yang selama ini tidak mengetahui apa AI itu bisa menjadi lebih paham. Baik itu terkait konsep basic AI, pondasinya hingga implementasi AI secara riil,” pungkasnya.

Lihat juga...