hut

Pemerintah Mendukung Pembangunan Fasilitas Piala Dunia U-20

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, saat membuka kejuaraan basket Piala Presiden di GOR Sritex Arena Solo – Foto Ant

SOLO – Pemerintah mendukung seluruh persiapan Indonesia, sebagai tuan rumah pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 yang bakal digelar pada 2021.

“Pemerintah akan mendukung semua yang dibutuhkan dalam melengkapi fasilitas lapangan untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia, termasuk di Stadion Solo,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, usai pembukaan Kejuaraan basket Piala Presiden 2019, di Gor Sritex Arena Solo, Rabu (20/11/2019) petang.

Menpora mengatakan, persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, dari arahan presiden, Indonesia harus mempersiapkan sedini mungkin. “Kita harus sukses menjadi penyelenggara, dan timnas Indonesia jangan sampai tersingkir di babak penyisihan Piala Dunia U20,” kata Menpora.

Menurut Menpora menyebut, pesan dan arahan presiden, mempersiapkan tim dengan sebaik-baiknya dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tim-tim dari luar negeri yang bertanding di Indonesia. Menyinggung anggaran yang dibutuhkan dalam mempersiapkan sarana dan prasarana stadion, pemerintah siap mendukung sepenuhnya. Namun, teknisnya akan diserahkan kepada federasi (PSSI), karena PSSI mempunyai induk FIFA yang ada aturannya.

Dan, pemerintah tidak mau masuk terlalu dalam terhadap urusan federasi. Namun, pemerintah memberikan dukungan sebagai tuan rumah dan Indonesia tidak ingin dipermalukan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U20 itu.

Sebab, belum tentu 20 tahun lagi Indonesia bisa menjadi tuan rumah dalam kompetisi yang sama. “Kami tahu, terpilih sebagai tuan rumah saingannya sangat berat, yakni Brasil dan Peru yang secara tradisi sepak bolanya sudah sangat luar biasa. Soal keuangan kami bersaing dengan gabungan negara-negara di kawasan Arab dan Indonesia mampu memenangkan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...