hut

Pendaftaran CPNS 2019 di Sikka Dibuka Malam Ini

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Puluhan orang tampak mendatangi Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, sejak pagi hingga sore, untuk melihat rincian formasi penerimaan CPNS  2019 yang ditempel di papan pengumuman, Senin (11/11).

“Untuk Kabupaten Sikka oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Nasional dialokasikan 277 formasi,” kata Plt. Kepala BKD kabupaten Sikka, Lukas Lawe, Senin (11/11/2019).

Menurut Lukas, seharusnya Kabupaten Sikka mendapatkan 278 formasi. Namun satu formasi guru yang di pulau Pemana, salah penempatan di sekolah swasta, sehingga ditunda untuk 2020 nanti.

“Dari jumlah tersebut, tenaga kependidikan atau guru sebanyak 159 formasi, tenaga kesehatan 97 formasi dan 21 formasi tenaga teknis lainnya,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Sikka, saat ditemui Senin (11/11/2019). -Foto: Ebed de Rosary

Pendaftaran secara online dibuka mulai nanti malam, Senin (11/11/2019) jam 23.00 WITA hingga Minggu (24/11/2019) pukul 23.59 WITA. Formasi yang diajukan sebanyak 500 lebih, namun yang diakomodir hanya 277.

“Untuk guru paling banyak guru Sekolah Dasar sesuai dengan kewenangan kabupaten. Untuk tenaga medis, khususnya dokter dengan penempatan di daerah terpencil, rata-rata kurang peminat,” sebutnya.

Untuk itu, kata Lukas, dirinya berharap formasi di daerah terpencil harus ada yang mengisinya, sebab bukan saja penting bagi yang bersangkutan, tetapi juga kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

“Profesi kedokteran itu harus ada nilai sosial dan pengabdian untuk masyarakat di daerah yang masih tertinggal. Saya berharap, para pelamar bisa memotivasi diri untuk menerimanya,” harapnya.

Salah satu syarat untuk mengatasi kekurangan pelamar dari dalam kabupaten Sikka, tambah Lukas, pihaknya membuka diri untuk menerima pelamar yang berdomisili di luar daerah.

“Tapi syaratnya harus bersedia mengabdi minimal selama 10 tahun di kabupaten Sikka, dengan membuat surat pernyataan di atas meterai. Hasil tes ini ditentukan yang bersangkutan, sebab semua peserta akan bersaing untuk lulus,” ungkapnya.

Menurutnya, yang perlu dipersiapkan atau diperdalam di kompetensi bidang atau ilmu spesialisasinya, diperdalam agar bisa mendapatkan nilai memuaskan dan lulus seleksi.

“Kami berharap, semua formasi bisa ada pelamar dan segala prosesnya berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Peserta juga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya,” pesannya.

Yuniarti Maria, salah seorang calon peserta CPNS yang sedang melihat pengumuman formasi di kantor BKD mengatakan, penerimaan CPNS yang dilaksanakan memang dilakukan secara profesional dan tidak ada unsur KKN.

“Kalau sekarang kan semua pendaftaran dan tes dilakukan secara online, sehingga tidak ada lagi KKN karena semua hasil tes bisa langsung terlihat,” ujarnya.

Ia berharap agar saat proses verifikasi berkas pihak BKD harus lebih teliti, sehingga kejadian seperti pada 2018, yaitu ada peserta yang sudah lulus dan menggugat karena dianggap umurnya sudah lewat.

Lihat juga...