Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Desa Sukamerindu Oku Bangun Sumur Bor

ilustrasi instalasi sumur bor (CDN)

BATURAJA – Pemerintah Desa Sukamerindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan membangun sumur bor. Kegiatan yang dilakukan di tahun ini tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di wilayah itu.

Kepala Desa Sukamerindu, OKU, Parman, mengemukakan, pembangunan sumur bor dilakukan setiap tahun sejak 2017 lalu. Kegiatan tersebut memanfaatkan dana desa setempat. “Setiap tahun sejak 2017 lalu sumur bor ini dibangun satu unit di desa kami. Tahun ini dibangun satu unit lagi sehingga totalnya sudah ada tiga sumur bor,” katanya, Jumat (1/11/2019).

Pembangunan sumur bor di desa dilakukan agar kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi. “Sebenarnya warga kami sebagian besar memiliki sumur galian. Namun saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini mulai dangkal dan airnyapun hanya bisa dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci saja,” jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah desa berinisiatif membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang bisa dikonsumsi warga. “Dengan adanya tiga sumur bor ini, dapat memenuhi kebutuhan air untuk memasak dan minum sehingga masyarakat tidak harus membeli air kemasan lagi,” tegasnya.

Firman salah seorang warga Desa Sukamerindu, mengaku sangat terbantu keberadaan sumur bor desa. Fasilitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih keluarganya, dan warga lainnya di desa setempat. “Yang pasti, kami tidak lagi harus membeli air galon untuk masak dan minum karena kualitas air sumur bor ini layak dikonsumsi,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...