hut

Puluhan Rumah di Desa Pengaringan OKU Belum Miliki Jamban

Ilustrasi warga membangun jamban [CDN]

BATURAJA – Puluhan rumah di Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, belum memiliki fasilitas jamban.

Tahun ini pemerintah desa setempat membangun puluhan unit jamban gratis untuk warganya tersebut. “Ada sekitar 39 unit jamban yang kami bangun tahun ini. Pembangunan jamban ini dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat setempat,” kata Kepala Desa Pengaringan, OKU, Adi, Minggu (17/11/2019).

Program sanitasi tersebut dilakukan, agar masyarakat mulai berprilaku hidup bersih dan sehat, dengan membiasakan diri tidak buang air besar (BAB) di sungai. “Pembangunan jamban secara gratis ini kami lakukan, mengingat sejauh ini masih banyak warga kami yang belum memiliki jamban sehingga perlu dibangun agar tidak lagi BAB di Sungai Ogan,” tambahnya.

Dengan fasilitas sanitasi tersebut, air Sungai Ogan tidak tercemar oleh limbah rumah tangga lagi. “Bahkan, tahun depan kami berencana akan membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang larangan BAB di sungai, sehingga warga tidak lagi membuang hajat di Sungai Ogan,” tegasnya. (Ant)

Lihat juga...