Ribuan Orang Daftar Seleksi CPNS di Balikpapan

Editor: Makmun Hidayat

BALIKPAPAN — Lebih dari empat ribu orang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari jumlah itu, pelamar terbanyak pada formasi tenaga teknis di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal tersebut lantaran kualifikasi yang dibutuhkan tak lagi harus jenjang S1, tetapi dibuka untuk pendidikan SMA. Tahun lalu Pemkot Balikpapan hanya menerima S1 karena formasi yang dibuka didominasi untuk guru.

Dari ribuan lamaran yang sudah dikirimkan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mencatat baru 997 berkas yang dikirim oleh pelamar.

Sekretaris BKPSDM Kota Balikpapan Miming Masdiana mengatakan, jumlah pendaftar masuk sampai Jumat, 22 November telah mencapai sebanyak 4.110 pendaftar online.

“Itu merupakan jumlah pelamar sejak pendaftaran dibuka 11 November 2019 lalu. Kami perkirakan akan terus bertambah karena penutupan pada Senin mendatang 25 November 2019,” katanya, Jumat (22/11/2019).

Mekanisme CPNS tahun ini memang pelamar mendaftar melalui online lebih dulu, lalu menyerahkan kelengkapan berkas persyaratan yang dikirim melalui kantor pos.

Dari catatan BKPSDM formasi tahun ini sebanyak 250, mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Tahun lalu, Balikpapan cuma dapat jatah 189 formasi.

Kondisi ini yang mendorong peminat CPNS lebih besar. “Biasanya pendaftar baru ramai pada batas akhir waktu, sehingga kami perkirakan masih banyak yang melakukannya hingga Senin pekan depan,” imbuh Miming Masdiana.

Apalagi, saat ini server pendaftaran online masih mengalami gangguan akibat tingginya kunjungan ke situs s ecara bersamaan. “Memang sedang puncak-puncaknya. Paling aman memang kalau subuh dan jam-jam tidur,” kata Miming Masdiana lagi.

Dari data yang sudah masuk, BKPSDM mencatat formasi yang membutuhkan persyaratan cum laude dan untuk disabilitas belum banyak pendaftar.

Usai verifikasi berkas akan ditindaklanjuti dengan pengumuman lulus admnistrasi. Selanjutnya pengumuman lulus seleksi administrasi di bulan Desember dan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada Februari 2020.

Lihat juga...