hut

Satgas Yonif 713/St Menggelar Pendidikan Keaksaraan di Perbatasan

Suasana sosialisasi pendidikan keaksaraan dasar untuk memberantas buta huruf dan cara belajar membaca di Kampung Yowong, Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (28/11/2019) – Foto Ant.

JAYAPURA – Tim personel Pos Skamto, menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan keaksaraan dasar di Kampung Yowong, Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut, untuk membantu memberantas buta huruf dan cara belajar membaca. “Pesertanya tidak dibatasi usia, dan yang mengikutinya mulai dari usia 15 tahun sampai dengan 59 tahun,” kata Danki Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 713/ST, Letda Inf KP Simanjuntak, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan belajar dibuat secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Hal itu dilakukan, karena tidak mudah mengajar cepat kepada para peserta yang rata-rata sudah dewasa. “Jika dibandingkan, lebih banyak kesulitan yang dijumpai dari pada kemudahannya. Namun dalam sosialisasi ini bukan untuk mengeluh, melainkan semangat berjuang untuk meningkatkan SDM khususnya warga Kampung Yowong yang terletak di perbatasan, guna mewujudkan yang dicita-citakan dalam rangka pembangunan manusia,” kata KP Simanjuntak.

Anggota Pos Skamto, Sertu Mitra, yang ditunjuk sebagai salah satu pengajar mengatakan, hal dasar yang diajarkan adalah mengenal dan menulis huruf dan angka. “Dalam hal mengajar ini, kami khususnya Pos Skamto menjelaskan kepada para peserta tentang cara menulis angka dan huruf saat pertama kali mengajar. Tidak langsung diberi pelajaran mengenal huruf. Kami ajarkan bentuk garis dulu untuk melenturkan jari tangan yang kaku serta cara membaca huruf dengan pola dasar A I U E O,” jelasnya.

Kepala Kampung Yuwong, Demianus, yang juga sebagai ketua tim pelaksana kegiatan belajar, menyambut baik kegiatan tersebut. “Karena yang namanya untuk belajar tidak ada kata terlambat,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...