hut

Setda Banyumas Terapkan Bebas Sampah Plastik

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

PURWOKERTO — Memberikan contoh kepada masyarakat, Sekretariat Daerah Banyumas mulai menerapkan bebas sampah plastik di lingkungan kerja bupati hingga satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Hal tersebut sebagai keseriusan dalam menindaklanjuti imbauan dari Bupati Achmad Husein untuk menekan sampah plastik yang dimulai dari sekretariat daerah.

“Sifatnya memang hanya imbauan, tetapi SKPD menyikapi dengan serius dan mulai menerapkan di lingkungan kerja. Untuk saat ini di lingkungan Setda Banyumas sudah menerapkan semua, terutama di kompleks pendopo bupati, sudah tidak ada lagi sampah plastik,” terang Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi Humas dan Protokol Setda Banyumas, Parsito, Rabu (20/11/2019).

Bahkan di ruang Djoko Kaiman, tempat bupati Banyumas biasa menerima tamu-tamu, terdapat banner yang bertuliskan ‘Kawasan Ini Bebas dari Sampah Plastik’. Banner tersebut dilengkapi dengan gambar dan keterangan pengganti alat-alat makan.

Misalnya, air minum kemasan diganti dengan gelas, botol plastik diganti dengan botol minum yang bisa dipakai berulang-ulang, sendok plastik diganti dengan stainlees, styreoform atau tempat makan sekali pakai diganti dengan piring, tas plastik diganti dengan tas kain dan lain-lain.

Menurut Parsito, untuk menjamu tamu-tamu bupati, semua sudah menggunakan peralatan non plastik. Jika ada SKPD yang menyelenggarakan acara di Pendopo Sipanji, juga selalu menggunakan peralatan non plastik. Untuk air minum disediakan dispenser, lengkap dengan gelas atau cangkir.

“Namun, kalau yang menyelenggarakan acara dari pihak luar, misalnya ormas atau lainnya, terkadang mereka masih membawa minuman kemasan botol plastik dari luar. Karena belum mengetahui kebijakan tersebut, sehingga masih kita maklumi. Tetapi biasanya, untuk selanjutnya bagi yang sudah tahu, maka tidak akan membawa minuman kemasan lagi,” jelasnya.

Pendopo Sipanji memang sering digunakan sebagai tempat untuk menggelar berbagai acara, baik acara internal Pemkab Banyumas maupun acara dari pihak luar, seperti ormas, LSM, sekolah dan lain-lain.

“Kita terus kampanyekan bebas sampah plastik. Semoga ke depan semakin banyak elemen masyarakat lainnya yang mulai menerapkannya,” pungkasnya.

Lihat juga...