Silaturahmi Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional Menggelar Aksi Donor Darah di Solo

Editor: Mahadeva

SOLO – Ratusan anggota anggota Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional, dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti bakti sosial dan donor darah di Hotel Syariah Solo, Sabtu (09/11/2019) pagi. 

Aksi donor darah dilakukan bersama PMI Solo tersebut, digelar sebagai rangkaian kegiatan Silaturahmi Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional 2019. Selain diikuti anggota Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional sendiri, aksi juga diikuti masyarakat umum dan warga sekitar.

Koordinator acara Donor Darah dari Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional, Riyanti Savitrie, ditemui di sela-sela donor darah di Solo, Sabtu (9/11/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang koordinator acara Donor Darah dari Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional, Riyanti Savitrie, menyebut, acara tersebut mentargetkan sedikitnya 50 kantong darang. Seluruh kantong darah nantinya akan disalurkan langsung ke PMI Solo untuk kepentingan kemanusiaan. “Rencananya kegiatan ini akan dihadiri oleh ibu Siti Hardijanti Rukmana atau biasa kita panggil Bunda Tutut Soeharto. Namun sayang beliau batal hadir karena berhalangan,” katanya, Sabtu (9/11/2019).

Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional, merupakan wadah alumni Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional. Organisasi tersebut dibentuk dan dibina Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut Soeharto di era 1990-an. Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Terdiri dari ribuan anggota yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.  “Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional memiliki empat angkatan, yakni 1990, 1991, 1993 dan 1995. Jumlah anggota di tiap propinsi sendiri terdiri dari 27 personel. Sehingga jika dihitung seluruh angkatan total anggota bisa mencapai ribuan personil,” katanya.

Setiap dua tahun sekali. Purna Pasukan Utama Kirab Remaja Nasional rutin menggelar acara silaturahmi. Seluruh anggota dari berbagai daerah biasa berkumpul untuk melakukan kegiatan sosial kemanusiaan. Seperti bakti sosial donor darah dan sebagainya.  “Kegiatan sosial ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat. Melalui kegiatan ini kita berharap bisa terus berkontribusi dalam membantu mereka yang membutuhkan. Karena selain kegiatan baksos, kita juga aktif melakukan misi kemanusiaan saat terjadi bencana,” pungkasnya.

Lihat juga...