Sinergi World Zakat Forum dan UNDP Mencapai SDGs 

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Organisasi zakat dunia, World Zakat Forum (WZF) dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), menjalin kerjasama dalam berbagai program.

Kerjasama digelar, untuk mengoptimalkan peran zakat dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/Sustainable Development Goals). Sekretaris Jenderal WZF, Bambang Sudibyo, dalam pernyataan tertulis yang diterima Cendan News, mengatakan, zakat adalah instrumen yang sangat penting.

Instrumen, yang juga berorientasi pada pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan. Tujuan SDGs sangat terkait dengan zakat yang memiliki tujuan bagi kesejahteraan manusia. “Zakat yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan dan mencapai Maqashid Syariah dengan konsep yang sudah mencakup tujuan dari SDGs,” kata Bambang pada penandatangan MoU dengan UNDP di Konferensi WZF 2019 di Crown Plaza Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).

Perwakilan UNDP Indonesia, Christophe Bahuet berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan peran zakat untuk mengurangi kemiskinan. UNDP hadir di semua negara OKI, dengan jaringan globalnya, basis pengetahuan lokal dan dukungannya terhadap pengembangan keuangan Islam.

UNDP memiliki lokasi yang baik untuk bermitra dengan anggota WZF. Diharapkan, sinergi ini dapat lebih jauh meningkatkan kontribusi signifikan yang diberikan zakat untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai SDGs lebih luas. “”Seperti yang saat ini kami lakukan dengan program ‘Zakat untuk SDG kami di Indonesia,” kata Christophe.

Lihat juga...