hut

Smater Maumere Raih Juara di Olimpiade Bahasa Jerman

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Tiga siswa SMAK Frateran Maumere (Smater), Sikka, berhasil meraih juara dalam lomba Olimpiade Bahasa Jerman 2019 region Flores dan Lembata, yang dilangsungkan di Kota Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Ini sebuah prestasi yang sangat luar biasa. Sekolah ini memang selalu meraih prestasi, sehingga kami tidak percuma menyekolahkan anak kami di sekolah ini,” kata Agustu dan Costa, salah seorang wali murid, saat ditemui pada Kamis (14/11/2019).

Agus, sapaannya, menyebutkan selain ilmu pengetahuan dan beasiswa ke luar negeri, sekolah ini pun selalu meraih juara dalam lomba paduan suara internasional di Bali.

“Smater Choice selalu meraih juara dalam lomba paduan suara internasional di Bali. Namun tahun ini sekolah ini tidak mengirimkan lagi wakilnya untuk ikut dalam kompetisi ini,” ungkapnya.

Kepala Sekolah Smater Maumere, Frater Dominikus, BHK  mengaku bangga dengan pencapaian anak didiknya yang selalu meraih prestasi dan mengharumkan nama sekolah.

“Tahun ini kami mengirimkan 12 orang untuk ikut lomba dan tiga orang meraih juara. Saya harapkan mereka menyiapkan diri untuk tampil dalam olimpiade nasional tahun depan,” ungkapnya.

Dalam kompetisi melibatkan SMA di region Flores dan Lembata, yang berlangsung Sabtu (9/11), Smater Maumere meraih juara satu, dua dan tiga. Maria Cintya Deby da Silva, siswi semester III jurusan bahasa  meraih juara pertama. Sementara, Yosef Freinademetz Jajadi Aeng, semester III Mipa C meraih juara ke dua, dan Dewi Anggrany, semester   III Mipa C merebut juara ke tiga.

Deby da Silva mengaku tidak menyangka bisa merebut juara pertama dalam lomba ini, sebab peserta tuan rumah dari SMAK Syuradikara Ende dan SMAK Ndao tampil bagus dan sangat percaya diri.

“Saya berpikir, kami akan kalah, soalnya peserta tuan rumah Ende sangat percaya diri. Ternyata kami yang keluar sebagai pemenang dan saya sangat bangga sekali,” tuturnya.

Guru Bahasa Jerman Smater Maumere, Maria Fatima Sumarti menyebutkan, siswanya menjadi pemenang level A2 tingkat  pemula.

Dengan meraih prestasi ini, mereka  berhak  tampil  dalam olimpiade nasional pada Januari 2020 di Jakarta.

“Nanti bulan Januari mereka akan tampil di lomba tingkat nasional. Hasil tiga terbaik dari lomba tingkat nasional di Jakarta akan diutus di lomba tingkat internasional,” jelasnya.

Olimpade  Bahasa Jerman, kata Maria, diselenggarakan oleh  Ikatan Guru Bahasa Jerman – Indonesia, bekerja sama  dengan Goethe Institut, sebuah lembaga dari Jerman.

“Lomba ini diadakan rutin setiap tahunnya, nanti di 2020, kota Maumere dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan lomba ini,” ungkapnya.

Lihat juga...