hut

Tambang di Jerman Meledak, Puluhan Pegawai Selamat

Ilustrasi, sebuah gambaran umum menunjukkan pintu masuk poros tambang yang tidak digunakan di mana orang telah terbunuh oleh ledakan gas di provinsi Mpumalanga, Afrika Selatan, Afrika Selatan, 7 Februari 2019 – Foto Ant

BERLIN – Puluhan pegawai tambang di Jerman timur, berhasil diselamatkan, Jumat (8/11/2019),  setelah terjebak di kedalaman 700 meter di bawah tanah, pascaledakan di tambang kalium.

Kepolisian setempat dan Lembaga penyiaran daerah MDR menyebut, dinas pemadam kebakaran telah melakukan operasi penyelamatan, dan tak lama setelah itu, Kepolisian daerah mencuit di Twitter: “Semua pegawai selamat”.

Disebutkan, sebelum melakukan evakuasi, otoritas pertambangan menyebutkan salah satu pegawai dalam kondisi mengalami luka serius. Personel yang berada di bawah tanah untuk sementara mengungsi ke sektor tambang yang aman di Teutschenthal, sekitar 150 km barat daya Berlin, dan diberi suplai oksigen.

Otoritas pertambangan setempat mengatakan, kemungkinan staf yang terjebak dapat diangkat ke permukaan melalui shaft (lubang bukaan yang menghubungkan tambang bawah tanah dengan permukaan bumi) yang masih utuh. Tambang itu, berada di luar Kota Halle, dan telah ditutup pada 1982. Namun, saat ini sedang digunakan untuk menampung limbah tambang dari berbagai lokasi. Sekitar 100 orang pegawai berada di lokasi tersebut. (Ant)

Lihat juga...