hut

Terkait Independensi, Busra Sebut Hakim “Orang Kesepian”

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Calon Hakim Agung (CHA) Mahkamah Agung, Drs. Busra, SH., MH., mengaku bahwa hakim adalah “orang kesepian” terkait hal independensi. Artinya, suatu sikap yang mandiri, berintegritas, bertanggung jawab dan jujur kepada diri sendiri dalam menegakkan keadilan, terutama dalam menyelesaikan perkara-perkara yang ditanganinya.

“Hakim yang sudah disumpah, tetapi tetap saja ada yang kena operasi tangkap tangan atau OTT oleh lembaga anti korupsi, dikarenakan komitmen hakim terhadap integritas masih ada persoalan, integritas masih lemah, pemahaman kompetensinya juga lemah,” kata Busra, di depan Panalis Tes Wawancara Terbuka Calon Hakim Agung MA di Auditorium KY, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menanggapi pertanyaan Anggota Komisioner KY, Sumartoyo, terkait cara meningkatkan hakim-hakim yang berkualitas di tingkat pertama, Busra berpendapat lebih penting untuk meningkatkan intensitas dan kualitas.

“Terlebih untuk kualitas putusan pada tingkat I dengan mengikuti pelatihan, seminar, dan diskusi, peningkatan substansi, juga interaksi dengan berbagai pihak, berdialog serta harus berlatih diri lebih proaktif,” ujarnya.

Busra mengatakan, terkait asas disenting opinion, bahwa disenting opinion merupakan kesempatan hakim sehingga dapat berbeda pendapat dengan hakim lain. Karena itu, kesempatan tersebut harus disikapi secara arif dan bijaksana, sehingga perbedaan pendapat tersebut menjadi hal yang biasa.

KY menggelar Wawancara Terbuka Seleksi Calon Hakim Agung, Calon Hakim Ad Hoc Tipikor dan Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung 2019, di Auditorium KY, Selasa (12/11/2019). Rangkaian kegiatan wawancara berlangsung mulai hari ini hingga 18 November 2019.

Hari Pertama dari rangkaian Wawancara CHA, Selasa (12/11/2019), KY mewawancarai lima peserta, antara lain Dr. Ahmad Choiri S.H., M.H., H. Busra, Kolonel Sus Reki Irene Lumme, Brigjen TNI Sugeng Sutrisno, S.H., M.H., Kolonel Chk Dr. Tiarsen Buaton, S.H., LL.M.

Lihat juga...