Tiga Hari Pameran, UMKM Raih Omzet Rp130 Juta

BALIKPAPAN — Selama enam hari kegiatan pameran UMKM di atrium kedatangan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, berhasil membukukan omzet sebesar Rp130 juta.

Kegiatan yang diberi nama Borneo Fair tersebut telah ditutup hari ini (27/11/2019), oleh Kabid Perdagangan Dalam Negeri H Irawan bersama Arif Sirajuddin Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Arif Sirajuddin mengungkapkan, selama kegiatan Borneo Fair berlangsung menunjukkan peningkatan. Hal itu terbukti dengan omzet yang diperoleh mencapai Rp130 juta dari 32 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Tentunya dalam keberhasilan ini tak lepas dari peran serta seluruh pihak, maka harapan kami untuk kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, kemudian kegiatan selanjutnya akan lebih meriah lagi,” harap Arif.

Menurut Arif, UMKM bisa berkembang serta lebih kreatif lagi yakni memperhatikan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Packaging). Selain itu kegiatan pentas seni cukup menghibur, jika dikemas lebih baik lagi bisa menarik wisatawan.

“Kegiatan pameran UMKM ini rutin diselenggarakan. Terakhir digelar pada Februari 2019 kemarin dengan omzet pendapatan Rp140 juta karena waktunya lebih lama atau 10 hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Balikpapan mengharapkan kegiatan ini dapat membangun ekonomi lokal dan kreatif dan dapat dijadikan kegiatan rutin.

Lihat juga...