hut

Tingkatkan Perekonomian, Keluarga Nelayan Raja Ampat Diajak Studi Tiru

Ilustrasi nelayan menjemur Ikan - DOK CDN

SORONG – Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mendorong peningkatan kapasitas kelompok usaha masyarakat nelayan di Distrik Kofiau.

Hal itu dilakukan dengan studi tiru, yang dilakukan di daerah yang telah maju. Anggota DPRD Raja Ampat, Feronika Watem, mengapresiasi pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AK), yang membawa wanita kelompok usaha nelayan Kofiau guna belajar pengelolaan hasil perikanan di Makassar.

Kegiatan studi tiru kelompok nelayan ibu-ibu Kofiau tersebut sangat bermanfaat, sebab mereka akan melihat secara langsung pengolahan ikan hasil tangkapan. Hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan ketrampilan, agar bisa meningkatkan ekonomi mereka. “Banyak hasil perikanan di Distrik Kofiau yang dapat dikelola hingga menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi, namun keterbatasan pengetahuan dan kurangnya pelatihan membuat masyarakat setempat belum bisa memanfaatkan potensi yang ada,” sebutnya, Minggu (10/11/2019).

Diharapkan, dengan studi tiru tersebut, ibu-ibu kelompok nelayan Kofiau dapat mengelola hasil tangkapan menjadi produk berekonomi tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dikatakan, permasalahan ekonomi kerap dialami oleh perempuan di daerah pesisir. Bahkan permasalahan ekonomi dapat juga menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga. Karena itu, pemerintah daerah terus mendorong peningkatan kapasitas kaum perempuan pesisir. Salah satu caranya dengan memberikan pelatihan, agar dapat mengelola potensi perikanan yang ada untuk peningkatan ekonomi keluarga. (Ant)

Lihat juga...