hut

Tujuh Kabupaten di Kaltim Optimalkan Eliminasi Malaria

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi bersama tujuh kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen mengeliminasi atau bebas Malaria pada 2023. Komitmen itu dirangkai dalam Rakor Lintas Sektor/Lintas Program di Balikpapan.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, menjelaskan, perlu kerja keras atau komitmen bersama pemerintah daerah dan komponen masyarakat untuk menuju eliminasi atau bebas malaria.

Apalagi terdata bahwa Penajam Paser Utara (PPU) yang merupakan calon ibu kota negara (IKN) tercatat rangking kelima endemis malaria di Indonesia.

“Kerjasama dan kerja keras diperlukan, apalagi PPU sebagai calon IKN ternyata rangking lima tertinggi di Indonesia. Komitmen atau penandatanganan 7 kabupaten dan kota harus ditindaklanjuti,” jelasnya saat memberikan sambutan Rakor Lintas Program, Jumat (22/11/2019).

Menurut Hadi, keberadaan Pos Malaria perlu dimanfaatkan secara maksimal, termasuk pemanfaatan dana desa untuk penguatan penanggulangan malaria pada endemis tinggi.

“Semua elemen masyarakat harus bekerjasama baik dalam upaya promotif, preventif dan kuratif serta rehabilitatif,” bebernya.

Untuk itu, melalui penandatanganan komitmen tersebut pemerintah dan seluruh elemen dapat merealisasikannya sesuai target yang telah disepakati.

Adapun 7 kabupaten yang menandatangani adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, PPU dan Mahakam Ulu. Sedangkan Samarinda, Balikpapan dan Bontang telah terlebih dahulu berkomitmen terhadap eliminasi malaria.

Merujuk data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kalimantan Timur masuk dalam daerah endemis malaria, baik itu rendah, sedang, dan tinggi.

PPU masih masuk dalam daftar endemis tinggi malaria. Tahun lalu, angka kejadian sakit mencapai 1.125 orang dengan (Annual Parasite Incidence) API 7,06.

Untuk diketahui, endemis tinggi saat API di atas 5 dan dikatakan rendah ketika API lebih rendah dari 1. API itu dihitung dengan membagi jumlah penderita malaria dalam satu tahun dengan jumlah populasi dikali 1.000 persen.

Lihat juga...