Unai Emery di Ujung Tanduk, Pochettino Favorit Pengganti

Editor: Mahadeva

Mauricio Pochettino didepak Tottenham Hotspur Selasa lalu, kini jadi favorit pengganti Unai Emery di Arsenal. Foto: @SpursOfficial / Sodik

LONDON – Arsenal kesulitan tampil kompetitif pada kompetisi Liga Primer musim ini. Skuad asuhan Unai Emery, hanya sanggup mencatat dua kemenangan saja dari 11 laga yang sudah dilalui.

Kondisi itu membuat tekanan agar manajemen melepas Emery kian menguat. Tekanan bagi Emery cukup beralasan. Catatan dua kemenangan yang diraih, membuat The Gunner gagal tembus posisi empat besar klasemen. Tim meriam London harus puas berada di urutan tujuh klasemen sementara, dengan koleksi 18 poin dari 13 laga. Namun meski rapor Arsenal tidak memuaskan di bawah kendali Emery musim ini, media setempat mengklaim, posisi eks pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu masih aman.

Petinggi klub setidaknya memberikan deadline tiga pekan bagi Emery untuk membenahi performa tim. Dukungan terhadap Emery setidaknya masih diberikan dua petinggi seperti Raul Sanllehi dan Direktur Teknik Edu.

Mereka ingin ada perubahan di bawah Emery, tapi perubahan harus terjadi dalam waktu cepat. Kendati begitu, mulai berembus rumor calon pengganti Emery bila manajemen klub London Utara itu akhirnya memecatnya.

Dia adalah eks manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, yang digadang sebagai kandidat terkuat pengganti Emery. Dukungan masuknya sosok baru muncul dari petinggi klub lainnya. Di luar Sanhllehi dan Edu, petinggi lainnya enggan memberikan garansi dan tengah mempertimbangkan melepas Emery. Selain nama Pochettino, seperti dilansir media Inggris, nama Massimiliano Allegri muncul sebagai kandidat pengganti.

Nama lainnya adalah Mikel Arteta, eks gelandang Arsenal yang sempat mengemuka saat The Gunner masih mencari sosok pengganti Arsene Wenger, sebelum akhirnya memutuskan merekrut Unai Emery. Arteta dipandang sebagai sosok ideal menukangi The Gunner. Di samping memiliki sejarah bersama klub, Arteta juga memiliki bekal cukup baik sebagai pelatih. Namun demikian Pochettino tetap menjadi favorit.

Pengetahuannya terhadap Liga Inggris dan gaya permainan yang diterapkannya selama lima tahun menukangi Tottenham Hotspur, membuat banyak pihak kepincut, tak terkecuali petinggi Arsenal. Kabar lainnya, bila Arsenal memberhentikan Emery di tengah kompetisi, maka legenda klub Steve Bould dan Fredrik Ljungberg, bakal mengambil alih kendali sampai ada manajer definitif yang ditunjuk manajemen The Gunner.

Lihat juga...