Vinales Bawa Yamaha Puncaki Hari Pertama Tes Pramusim di Jerez

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menjalani tes pramusim di Sirkuit Jerez-Angel Nieto (25/11/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Maverick Vinales, pebalap Monster Energy Yamaha, mencatatkan waktu satu menit 37,131 detik, untuk menjadi pebalap tercepat di hari pertama tes pramusim di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol, Senin (25/11/2019) waktu setempat.

Pebalap asal Spanyol itu meneruskan tren positif yang didapatinya bersama Yamaha sejak pekan lalu. Yaitu, ketika mereka mendominasi sesi tes pramusim di Valencia. Fabio Quartararo, dari Petronas Yamaha SRT, yang menjajal komponen mesin purwarupa, kali ini kembali menjadi rival terdekat Vinales. Laman resmi Moto GP menyebut, keduanya terpaut margin yang cukup lebar yaitu 0,754 detik.

Joan Mir dan Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar melengkapi peringkat empat besar pebalap, sementara Marc Marquez (Repsol Honda) terjatuh di Tikungan 13, dan harus puas finis P6 setelah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Vinales dan rekan satu timnya, Valentino Rossi, meneruskan pengembangan motor purwarupa dan komponen baru. Hal itu untuk menghadapi musim 2020, di hari pertama tes Jerez yang sempat diguyur hujan. Vinales turun pertama menyelesaikan 68 putaran, dan membuat waktu terbaiknya di lap ke-60 dengan mesin baru Yamaha.

“Kami terus bekerja dengan mesin baru untuk memahami titik positif dan negatif dari motor baru ini. Tes ini cukup penting bagi kami untuk membuat keputusan terhadap mesin dan mengambil pendekatan terbaik untuk membenahi mesin di trek, yang menjadi fokus kami di sini,” kata Vinales seperti dikutip laman resmi tim.

Kedua pebalap pabrikan Yamaha hari itu disediakan mesin 2019 dan 2020 untuk dibandingkan. “Kami akan terus membandingkan komponen lama dengan yang baru tentunya. Sisi positifnya saya merasa baik dengan kedua motor ini, jadi kami memiliki dua pilihan yang baik. Saya rasa kami bisa menciptakan potensi yang banyak lagi dengan mesin baru ini,” tambahnya.

Sementara impresi pertama dari Rossi cukup positif tentang performa keseluruhan mesin Yamaha, meski dia masih harus mengerjakan stabilitas motor di tikungan cepat. The Doctor menyelesaikan 64 putaran dan finis di P14, terpaut 1,628 detik dari waktu pemuncak sesi. “Kami banyak bekerja dengan mesin baru dan membuat perbandingan dengan yang lama dan perasaannya tak terlalu buruk. Beberapa hal lebih bagus, dan kami masih memiliki sejumlah area yang masih harus kami benahi,” kata Rossi.

Tes pramusim di Jerez akan berlanjut di hari kedua pada Selasa (26/11/2019) waktu setempat. Catatan waktu lima besar pebalap di hari pertama tes Jerez, Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 1m 37,131 detik 60/68, kemudian Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,754 detik 59/68.

Di tempat ketiga, Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,881 detik 34/56, disusul Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,958 detik 51/69. Di tempat kelima, Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,986 detik 61/75. (Ant)

Lihat juga...