hut

Wabup Harap Masyarakat Sorong Jaga Kelestarian Hutan

Ilustrasi - Dok CDN

SORONG — Wakil Bupati Sorong Suko Harjono berharap masyarakat setempat menjaga kelestarian hutan dengan menanam kembali pohon menggantikan yang telah ditebang untuk kebutuhan hidup.

“Hutan adalah sumber kehidupan bagi masyarakat sejak dahulu kala sehingga harus dijaga jangan sampai rusak, dan terus berkelanjutan bagi generasi di masa yang akan datang,” kata Suko Harjono di Sorong, Minggu (17/11/2019).

Dia mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat Kabupaten Sorong telah mengenal sistem pertanian dengan menggunakan teknologi, namun masih banyak pula masyarakat setempat yang menggantungkan hidupnya pada kekayaan yang ada di hutan.

Karena itu, kata dia, pemerintah daerah terus mengedukasi masyarakat kabupaten Sorong dengan berbagai program kerja agar pemanfaatan hasil hutan terus berkelanjutan untuk kehidupan yang akan datang.

“Salah satu program edukasi masyarakat adalah program gemar menanam pohon pada kawasan hutan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga hutan tetap terjaga,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kabupaten Sorong, bahkan Papua Barat pada umumnya, memiliki kawasan hutan yang cukup luas, namun beberapa kawasan sudah dikonversi untuk pembangunan di berbagai aspek dan kepentingan lainnya.

Kawasan hutan, kata dia, masih ada perlu dijaga dan dilestarikan. Kawasan hutan yang telah dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat diharapkan agar terus berkelanjutan dengan melakukan penanaman pohon.

“Pemerintah dan masyarakat di wilayah Papua Barat dalam melaksanakan pembangunan harus memerhatikan kelestarian sumber daya alam dan ekosistemnya,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...