Walkot Denpasar: Generasi Milenial Harus Memiliki Jiwa Wirausaha

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

DENPASAR – Di era persaingan bebas seperti sekarang ini, peranan generasi muda sangatlah penting dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin modern.

Wali Kota (Walkot) Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, menegaskan, generasi muda atau generasi milenial harus terus mencari tantangan, jangan diam dan menunggu.

Dikatakan, dalam era sekarang ini, Bela Negara  bukan lagi menggunakan senjata melainkan menggunakan intelektual, spiritual dan menjaga emosional. Untuk itu harus pintar dan berani mengambil tantangan agar tidak dijajah secara ekonomi dan sosial.

Lebih lanjut Rai Mantra menegaskan, hal yang sangat penting untuk generasi milenial ialah jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), jiwa kreativitas, jiwa inovasi, karena kreativitas dan inovasi akan meningkatkan kompetensi dan daya saing.

“Muda itu ialah satu hal yang membentuk dan menentukan harapan kita ke depan. Hal ini harus kalian ikuti. Tadi saya lihat hasil-hasil produk yang disuguhkan dalam pameran anak-anak SMAN 8 Denpasar merupakan produk yang sudah layak untuk diproduksi, akan tetapi harus mengikuti prosedur uji coba terlebih dahulu.

Hal ini berarti generasi muda sudah bisa mengembangkan bakat dan potensi mereka di dalam wirausaha, setidaknya kemauan untuk mencoba dan berusaha kreatif serta berinovasi sudah ada,” ujar Rai Mantra di hadapan seluruh anggota OSIS SMA se-Kota Denpasar, saat mengawali temu wicara tentang Jiwa Wirausaha Muda pada Generasi Milenial di SMAN 8 Denpasar, Jumat (15/11/2019).

Rai Mantra menambahkan, generasi milenial saat ini haruslah mandiri, berani mencoba dan kreatif, jangan lagi menyusahkan orang tua sebab di era revolusi industri 4.0 ini generasi milenial harus bisa bersaing dan menjadi kreatif.

Sebab kreatif adalah cara untuk menjawab tantangan saat ini, dan Pemkot Denpasar sangat mendukung tumbuhnya sektor industri kreatif melalui penyediaan kemudahan dalam perizinan, modal serta ruang kreatif melalui co-working space yang kemudian tumbuh menjadi inovasi yang muaranya berada pada pengembangan ekonomi kreatif.

Hal ini bukan tanpa alasan, Rai Mantra menekankan, bahwa pengembangan ekonomi kreatif wajib dilakukan. Mengingat berbagai penelitian telah menyatakan bahwa sektor ekonomi kreatif memberikan peluang besar terhadap pertumbuhan ekonomi selain sektor pertambangan, agraris dan pariwisata.

“Kuncinya kreatif itu tidak boleh menunggu peluang, melainkan menciptakan peluang dengan inovasi dan kreativitas yang disertai rasa percaya diri serta harus berani, tidak takut dan jangan ragu, tekun dan terus berusaha,” tandas Rai Mantra.

Lihat juga...