hut

Warga Banjarnegara Diimbau Waspadai Potensi Longsor

Editor: Koko Triarko

BANJARNEGARA – Meskipun curah hujan masih tergolong menengah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara mengingatkan, perlunya mewaspadai wilayah-wilayah yang rawan longsor.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG), Setyoajie Prayoedhie, ST.Dipl.Tsu.M.DM., mengatakan, untuk wilayah Banjarnegara yang beberapa wilayahnya cenderung rawan longsor, masyarakat diimbau untuk mewaspadai peningkatan curah hujan serta angin kencang.

“Secara morfologi, Banjarnegara bagian utara dan tengah yang banyak perbukitan terjal dan struktur tanahnya merupakan sedimen aluvial yang cenderung labil, sebaiknya waspada terhadap angin kencang dan curah hujan yang tinggi dengan durasi cukup lama. Jika curah hujan lebih dari 30 menit, maka dapat berpotensi memicu pohon tumbang serta longsor,” terang Setyoajie, Minggu (3/11/2019).

Lebih lanjut Setyoajie menjelaskan, secara umum pegunungan bagian tengah di Provinsi Jawa Tengah memiliki curah hujan cukup tinggi, di atas 300 mm dan sudah termasuk kategori sangat tinggi.

Sehingga, meskipun masih pada awal musim penghujan, kewaspadaan perlu ditingkatkan.

Seperti  pada Minggu ini, hujan dengan intensitas sedang – lebat, terjadi mulai dari Pemalang, Batang, Weleri hingga ke Banjarnegara dan sekitarnya. Hujan berlangsung sejak siang hingga sore hari.

“Yang pasti masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, terutama di daerah yang curah hujan tinggi dan rawan longsor. Jika curah hujan tinggi dan berlangsung lama, segera mencari tempat yang lebih aman,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pada awal musim hujan ini, sudah terjadi longsor di Kampung Taman Sari, Kelurahan Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Dua rumah tertimbun longsor dan satu warga meninggal dunia serta dua orang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Longsor di Kampung Taman Sari ini, sebelumnya dipicu hujan yang terjadi semalaman yang menyebabkan tanggul sungai jebol. Hanya selang beberapa jam sejak hujan berhenti, dua rumah warga mengalami longsor.

Lihat juga...