Air Force Run untuk Dekatkan TNI AU dengan Rakyat

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

MALANG — Semangat untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat, terus dilakukan oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang. Salah satunya melalui kegiatan Air Force Run untuk yang ketiga kalinya.

Komandan Pangkalan Udara Militer TNI AU (Danlanud) Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat menjelaskan, sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu,  Air Force Run kali ini mengusung tema ‘Nikmat Berlari dan Beramal di Runway’.

“Dari tema tersebut dapat dipahami bahwa melalui lomba lari ini, tidak hanya akan memperoleh kesehatan, tetapi juga mampu menumbuhkan kepedulian sosial dengan sesama. Jadi kali ini namanya bukan hanya Air Force Run tapi Air Force Charity Run,” jelasnya saat acara Launching di gedung Binayudha Lanud Abdulrachman Saleh, Senin (23/12/2019).

Lebih lanjut disampaikan, saat ini masih banyak rumah warga disekitar Lanud Abdulrachman Saleh yang kondisinya tidak layak huni. Nantinya dari dana yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial bedah rumah.

“Kalau nanti dari dana yang terkumpul bisa untuk memperbaiki 5-10 rumah, akan kita lakukan,” sebutnya.

Ia juga meminta agar pada penyelenggaraan Air Forece Charity Run 2020 bisa melibatkan peserta dari disabilitas.

“Ditargetkan diikuti sebanyak tiga ribu peserta yang akan berlari di landasan pesawat,” katanya.

Sementara itu Kadis Ops Lanud Abd Saleh, Kol (Pnb) Erwin Sugiandi sebagai ketua panitia, menyebutkan Air Force Charity Run 2020 terbagi ke dalam dua kategori yakni 5K dan 10K.

“Biaya pendaftarannya sebesar 160 ribu untuk kategori 5K dan 185 ribu untuk kategori 10K. Dari biaya pendaftaran tersebut akan dipotong 10 ribu untuk disumbangkan kegiatan sosial bedah rumah, ” terangnya.

“Untuk peserta Disabilitas akan kita gratiskan dan diikutkan pada kategori 5K. Kami berharap melalui kegiatan ini bisa lebih mendekatkan TNI AU dengan rakyat,” tambahnya.

Selain itu terdapat pula kegiatan tambahan yakni demo udara meliputi terbang layang, paramotor, dan terjun payung serta demo darat pembebasan sandera.

Lihat juga...