Akhir Tahun Pengisian Jabatan Kosong di DKI Diharapkan Selesai

Editor: Mahadeva

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI, Chaidir, memberikan keterangan kepada wartawan mengenai proses lelang 12 jabatan yang masih kosong, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019) – Foto Lina Fitria

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta menargetkan pengisian 12 jabatan kosong dapat selesai akhir tahun ini. Panitia Seleksi (Pansel) saat ini sudah mengantongi nama-nama yang akan diusulkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Jakarta, Chaidir, pansel sudah mengantongi tiga nama untuk masing-masing jabatan. Nama-nama tersebut hasil dari proses seleksi yang telah dilakukan. Nama-nama bakal calon sudah dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dievaluasi. “Lagi proses, masih pengusulan dari hasil pansel ke KASN. Kalau (evaluasi) KASN-nya cepat, Insyaallah selesai (akhir tahun),” ujar Chaidir, kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Jika mengikuti jadwal, seharusnya seleksi bisa selesai pada 20 Desember 2019. Namun karena terpotong libur Natal 2019, proses saat ini masih berlangsung di KASN. “Lagi berproses, kepotong-potong libur, masih di KASN. Kami sudah berkontak dengan KASN. Nanti akan turun tiga besar calon-calon kandidatnya, sabar ya,” kata Chaidir.

Chaidir menyebut, usai di evaluasi oleh KASN, nama-nama bakal calon akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta tersebut yang akan memilih siapa yang akan menduduki jabatan yang kosong. “Itu hak prerogatifnya gubernur, di antara tiga itu, siapa yang mau dipilih. Bisa juga gubernur tidak memilih tiga-tiganya. Itu hak beliau,” jelasnya.

Kalau nantinya Gubernur DKI tidak memilih, jabatan tersebut akan kosong. Kemudian akan kembali ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt). “Lalu akan lelang ulang lagi tahun depan. Tapi Plt tersebut juga terbuka, kemungkinan menjadi pemimpin dinas yang baru,” jelas Chaidir.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Saefullah menyebut, ada dua jabatan untuk eselon I dan 10 jabatan untuk eselon II. Pendaftaran lelang jabatan sudah dilakukan pada 12 November dan ditutup pada 26 November 2019. Untuk pengumuman hasil sudah dilakukan pada 20 Desember 2019. “Kami lagi seleksi dua Deputi, Deputi Tata Ruang dan Deputi Transportasi dan ada 10 eselon II,” kata Saefullah.

Saefullah menyebut, setiap PNS bisa mendaftarkan diri asalkan memenuhi syarat. PNS di luar Pemprov DKI Jakarta juga bisa mendaftar proses lelang.  “Itu kami infokan. Jadi memang sekarang ini sistemnya sudah begitu. Kalau ada kekosongan, open bidding untuk eselon II dan eselon I,” tuturnya.

Adapun posisi jabatan di Pemprov DKI Jakarta yang masih kosong
Eselon I:
– Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi.
– Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup.

Eselon II:
– Kepala Bappeda;
– Kepala Biro Umum.
– Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran;
– Kepala Dinas Kebudayaan.
– Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf).
– Kepala Dinas Pendidikan.
– Wakil Kepala BPKD.
– Wakil Kepala Bappeda.
– Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup.
– Wakil Kepala Dinas Perhubungan

Lihat juga...