Angin Kencang Landa Kebumen, Dua Rumah Tertimpa Pohon

Editor: Makmun Hidayat

KEBUMEN — Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Kebumen, Sabtu (28/12/2019) petang. Dua rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan pohon besar di Kecamatan Rowokele juga tumbang hingga menutup ruas jalan.

Hujan terjadi sejak Sabtu siang, hingga petang hujan tidak juga reda dan justru disertai angin kencang. Dua rumah yang tertimpa pohon yaitu mikil Sawilem (70), warga Desa Banyurata, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen dan rumah milik Jaelani, warga Desa Mangunweni Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan di kantornya, Sabtu (28/12/2019) mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan. -Foto: Hermiana E. Effendi

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja kerusakan dua rumah tersebut cukup parah.

“Yang mengalami kerusakan bagian atap dan cukup parah, sementara hujan masih terus turun hingga petang,” kata Kapolres.

Rumah milik Sawilem tertimpa pohon besar di bagian belakang rumah. Saat kejadian para penghuni sedang berada di bagian depan rumah, sehingga tidak ada yang mengalami luka-luka. Namun, karena atap bagian belakang terbuka, maka air hujan masuk ke dalam rumah.

“Sedang hujan deras, tiba-tiba ada suara sangat keras dari bagian dapur dan air hujan langsung masuk ke rumah, ternyata ada pohon besar yang tumbang dan menimpa dapur rumah saya,” kata Sawilem.

Setelah hujan sedikit mereda, warga sekitar mulai bergotong-royong untuk menyingkirkan pohon tersebut dengan cara pohon dipotong menjadi beberapa bagian.

Demikian pula dengan rumah milik Jaelani yang baru dibangun, bagian atapnya rusak dan tembok rumah retak-retak. Kerugian yang dialami pemilik kedua rumah tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta.

Sementara itu, di Desa Gianti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, pohon besar tumbang dan menimpa kabel listrik. Pohon tersebut tumbang ke arah jalan, sehingga sampai menutup ruas jalan. Saat kejadian anggota Polsek Rowokele sedang berpatroli dan langsung membantu warga untuk menyingkirkan pohon besar dari jalan.

Melihat cuaca yang cepat berubah serta curah hujan yang sudah mulai tinggi, Kapolres Kebumen mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaa. Menurutnya, jika hujan lebat turun dalam waktu yang cukup lama, warga yang berada di lokasi rawan longsor dan yang rumahnya berada di dekat perbukitan, diminta untuk mengungsi sementara.

“Tingkatkan kewaspadaan, baik yang di wilayah rawan longsor, rawan banjir maupun angin kencang sebab intensitas hujan sudah mulai meningkat. Jika merasa kondisi rumah kurang aman, segeralah mengungsi,” kata Kapolres Rudy.

Kapolres juga meminta kepada polsek-polsek di Kebumen untuk meningkatkan patroli, guna mengantisipasi jika ada warga yang terkena bencana dan membutuhkan pertolongan.

Lihat juga...